Penerapan Model Single Sign-On dengan Sistem Front Office dan Layanan pada Sistem E-Bengkel Terintegrasi

Oka Sudana, Angga Kusuma, Sunia Raharja, Ayu Wirdiani

Abstract


Bengkel kendaraan sebagai usaha layanan jasa yang banyak ditekuni oleh masyarakat kecil sebagai mata pencaharian utama. Saat perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, masih banyak usaha bengkel kendaraan bermotor yang menerapkan tata Kelola secara konvensional. Tata kelola secara konvensional berisiko sangat rawan terjadi kehilangan dan kerusakan data yang menyebabkan kerugian pada perusahaan. Penelitian ini berfokus pada pengembangan Sistem E-Bengkel terintegrasi berbasis web untuk memperbaiki tata kelola manual pada Bagian Front Office dan Bagian Layanan bengkel konvensional. Bagian Front Office pada bengkel merupakan bagian yang menangani proses pendaftaran pelanggan, penjualan spare part, dan check-in service. Bagian layanan pada bengkel merupakan bagian yang menangani proses penerimaan service dan pencatatan pengerjaan service kendaraan. Hasil dari sistem informasi manajemen ini yaitu berupa aplikasi berbasis web yang sesuai dengan proses bisnis Front Office dan layanan suatu bengkel kendaraan. Sistem ini menerapkan model Single Sign-On (SSO) sebagai model manajemen satu gerbang masuk untuk semua modul, manajemen session, serta manajemen semua hak akses pengguna. Model Multi-Channel Access (MCA) dipergunakan untuk memperkaya dan mempermudah akses informasi ke pemilik, pelanggan dan pegawai. Implementasi sistem berbasis komputer dengan Model SSO dan MCA diharapkan mampu meningkatkan pelayanan dan peluang bisnis dari Usaha Kecil Bengkel.


Keywords


E-Bengkel; Single Sign-On (SSO); Multi-Channel Access (MCA); Sistem Front Office; Sistem Layanan

Full Text:

PDF

References


B. P. Statistik, Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis (Unit), 2017-2019. 2021.

N. Heijmink, “Secure Single Sign-On A comparison of protocols” CCV & Radboud University Nijmegen, 2015.

G. Guntoro and M. Fikri, “Perancangan Aplikasi Single Sign-On Menggunakan Autentikasi Gambar,” Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 9, no. 1, 2018.

Z. Musliyana, T. Y. Arif, and R. Munadi, “Peningkatan Sistem Keamanan Autentikasi Single Sign On (SSO) Menggunakan Algoritma AES dan One-Time Password Studi Kasus: SSO Universitas Ubudiyah Indonesia,” Jurnal Rekayasa Elektrika, vol. 12, no. 1, 2016.

Khanna Tiara, F. M. Putri, and H. Triyani, “Optimalisasi Single Sign On Untuk Meningkatkan Sistem Keamanan OJRS+,” Technomedia Journal, vol. 1, no. 2, 2017.

I. Putu, A. Eka, and D. Udayana, “Implementasi Dan Analisis Single Sign On Pada Sistem Informasi Universitas Udayana,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 2016.

M. Audrilia and A. Budiman, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Bengkel Berbasis Web (Studi Kasus : Bengkel Anugrah),” Jurnal Madani : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, vol. 3, no. 1, 2020.

R. R. M. Salim, “Rancang Bangun Sistem Informasi Bengkel Untuk Pengelolaan Transaksi Dan Peningkatan Pelayanan Kepada Pelanggan,” Jurnal Ilmiah Matrik, vol. 21, no. 3, 2019.

A. Winardi, I. Farida, D. Hariyanto, and A. Bsi Bogor, “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Bengkel (Studi Kasus: CV. Anugrah Bogor),” IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, vol. 3, no. 2, 2017.

I. G. N. A. Widhiananda, I. M. Arsa Suyadnya, and K. Oka Saputra, “Rancang Bangun Aplikasi Reservasi Service Untuk Bengkel Sepeda Motor Berbasis Web,” E-Journal SPEKTRUM, vol. 4, no. 2, 2018.

D. P. Githa and N. P. Sutramiani, “Rancang Bangun Sistem Informasi Bengkel Vespa di Denpasar,” SINTECH (Science and Information Technology) Journal, vol. 1, no. 1, 2018.

H. Jogiyanto, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi, 2005.

E. Faja Ripanti, H. A. Oramahi, and J. H. Hadari Nawawi, “Rancangan Sistem Informasi Pengelolaan Audit Mutu Internal (AMI) Perguruan Tinggi.” JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, vol. 7, no. 1, 2021.

O. A. Permata, K. Amiroh, A. A. Rullah, “Pengembangan Sistem Penukaran Tiket Suroboyo Bus Melalui Digitalisasi Pencatatan Penukaran Sampah Berbasis Android. ” JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, vol. 7, no. 1, 2021.

M. Y. P. Mahendra, I. N. Piarsa, and D. Putra Githa, “Geographic Information System of Public Complaint Testing Based On Mobile Web (Public Complaint),” Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, vol. 9, no. 2, 2018.

N. D. A. Muhamad Nasihin, Yulia, “Sistem Informasi AKUNTER ( Akuntansi Terpadu ) Berbasis Web Sebagai Pengelolaan Transaksi Keuangan Pada Mutiara Laundry,” JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, vol. 6, no. 3, 2020.

Aminudin, “Implementasi Single Sign On (SSO) Untuk Mendukung Interaktivitas Aplikasi E-Commerce Menggunakan Protocol Oauth,” JURNAL GAMMA, vol. 10, no. 1, 2016.

P. Gamaswara, A. A. . O. Sudana, and N. M. I. M. Mandenni, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Modul Layanan Pada Rumah Sakit,” Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, vol. 6, no. 3, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v7i3.48667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.