Pemodelan Klaster Frekuensi Suara Bising Mesin Pesawat Menggunakan Metode Extended Kalman Filter

Neilcy Tjahjamooniarsih, Leonardus Sandy Ade Putra

Abstract


Kebisingan adalah bunyi yang tidak diinginkan dari usaha atau kegiatan dalam tingkat dan waktu tertentu yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan. Salah satunya kebisingan pada wilayah bandara yang terpancar dari gelombang suara mesin pesawat udara dan dapat mengganggu lingkungan. Menurut World Health Organization (WHO) suara bising sekeras 85 dB hanya dapat didengar secara terus menerus maksimal selama 8 jam per-hari. Setiap peningkatan suara bising sebesar 3 dB maka suara bising bertambah dua kali lipat. Suara bising dapat menjadi salah satu penyebab gangguan pendengaran (Noise Induced Hearing Loss). Penelitian ini menyajikan perencanaan mekanisme identifikasi sistem yang mencakup perencanaan skema identifikasi, pembentukan pasangan data identifikasi, dan penurunan algoritme identifikasi. Metode Extended Kalman Filter digunakan dalam mekanisme identifikasi untuk menemukan model hubungan antara komponen dominan pembentuk suara bising dengan suara bising secara keseluruhan yang kemudian dilakukan validasi terhadap model tersebut. Pengujian terhadap model dilakukan menggunakan sinyal-sinyal hasil pengukuran yang tidak diikutsertakan selama proses identifikasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa frekuensi noise saat pesawat tinggal landas berkisar antara 50 Hz – 7000 Hz dengan model matematis spreaded continuous frequency.

Keywords


Identifikasi; Suara Bising; Model; Extended Kalman Filter; Bandara

Full Text:

PDF

References


Antonio J. Torija, Rod H. Self, Ian H. Flindell, “Airport noise modelling for strategic environmental impact assessment of aviation,” in Elsevier, Applied Acoustics, Volume 132, March 2018, Pages 49-57.

R. Geise, A. Weiss, and B. Neubauer, “Modulating features of field measurements with a UAV at millimeter wave frequencies,” 2018 IEEE Conf. Antenna Meas. Appl. CAMA 2018, pp. 1–4, 2018, doi: 10.1109/CAMA.2018.8530475.

A. Rodríguez-Díaz, B. Adenso-Díaz, P.L. González-Torre, A review of the impact of noise restrictions at airports, Elsevier, Transportation Research Part D: Transport and Environment, Volume 50, January 2017, Pages 144-153.

Les Frair, “Airport noise modelling and aircraft scheduling so as to minimize community annoyance,” Elsevier, Applied Mathematical Modelling, Volume 8, Issue 4, August 1984, Pages 271-281.

N. Rizqi Septiana, E. Widowati Kesehatan dan Keselamatan Kerja, J. Ilmu Kesehatan Masyarakat, and F. Ilmu KeolahragaanUniversitas Negeri Semarang, “73 Higeia 1 (1) (2017) Gangguan Pendengaran Akibat Bising,” vol. 1, no. 1, pp. 73–82, 2017.

P. Andarani, T. Istirokhatun, G. Suhariani, and W. Budiawan, “Model simulations of noise pollution due to departures and approaches of passenger aircrafts around Achmad Yani airport Semarang - Indonesia,” 2016 2nd Int. Conf. Ind. Mech. Electr. Chem. Eng. ICIMECE 2016, pp. 147–151, 2017, doi: 10.1109/ICIMECE.2016.7910442.

J. Naganawa, K. Morioka, J. Honda, N. Kanada, N. Yonemoto, and Y. Sumiya, “Antenna configuration mitigating ground reflection fading on airport surface for AeroMACS,” 2017 IEEE Conf. Antenna Meas. Appl. CAMA 2017, vol. 2018-January, pp. 91–94, 2018, doi: 10.1109/CAMA.2017.8273487.

M. Arntzen, D.G. Simons, “Modeling and synthesis of aircraft flyover noise,”, International Journal of Aeroacoustics, volume 13, no. 5-6, 2014, pp 449-462.

Bambang Riyantoet. al. (2008): Active Noise Control in Free Space using Recurrent Neural Networks with EKF Algorithm, Journal of Control and Intelligent Systems, Acta Press, 36 (3), 267–276.

Ku, C. C., Lee, K. Y. (1995): Diagonal Recurrent Neural Network for Dynamics Systems Control, IEEE Trans. on Neural Networks, 6 (1), 144-156.

Kuo, S. M., Morgan, D. R. (1996): Active Noise Control systems: Algorithms and DSP implementations, John Wiley & Sons, Inc., New York.

Y. Xu, K. Xu, J. Wan, Z. Xiong, and Y. Li, “Research on Particle Filter Tracking Method Based on Kalman Filter,” Proc. 2018 2nd IEEE Adv. Inf. Manag. Commun. Electron. Autom. Control Conf. IMCEC 2018, no. Imcec, pp. 1564–1568, 2018, doi: 10.1109/IMCEC.2018.8469578.

C. Yan, J. Dong, G. Lu, D. Zhang, and Y. Qi, “An adaptive algorithm based on levenberg-marquardt method and two-factor for iterative extended Kalman filter,” 2017 3rd IEEE Int. Conf. Comput. Commun. ICCC 2017, vol. 2018-January, no. 1, pp. 1559–1563, 2018, doi: 10.1109/CompComm.2017.8322802.

M. Safitri, A. Cahyadi, E. Firmansyah, and J. Grafika, “Estimasi Posisi UAV dengan Kalman Filter,” no. September, pp. 240–245, 2015.

R. R. Yacoub, “Analisis Gelombang Suara Mesin Pesawat Saat Lepas Landas di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 5, no. 1.1, pp. 115–119, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v7i2.48415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.