Sistem Monitoring dan Proteksi pada Stop Kontak Berbasis IoT

Syaifur Rahman, Abcory Aula

Abstract


Pemasangan stop kontak pada instalasi listrik merupakan suatu keharusan dikarenakan banyak beban listrik yang diaktifkan melalui stop kontak.  Penggunaan berbagai macam beban listrik pada stopkontak dapat menyebabkan stop kontak menjadi panas, cepat rusak dan menimbulkan terjadinya kebakaran akibat suhu lubang terminal meningkat. Stop kontak dapat dikembangkan tidak saja sebagai penyambung tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mendeteksi besarnya daya beban dan energi listrik  serta suhu terminal stop kontak dari jarak jauh. Metode yang digunakan pada sistem monitoring dan proteksi stopkontak dengan menambahkan perangkat elektronik(hardware) dan Software yang dapat mendeteksi daya beban listrik serta kenaikan suhu pada terminal stopkontak. Perangkat utama pada sistem elektronik adalah modul Node MCU ESP8266 yang memiliki fitur Wifi dengan sebuah open source platform IoT. Node MCU ESP8266 dihubungkan dengan sensor suhu DHT 22, dan sensor daya PZEM 004. Modul Node MCU8266 ditanamkan perangat luak yang berisi instruksi dan kode-kode program agar sinyal yang dikirimkan dari sensor-sensor dapat dikonversikan menjadi angka-angka yang dapat dipahami oleh pengguna. Nilai yang terbaca oleh sensor kemudian ditampilkan pada LCD dan dikirimkan melalui media internet ke smartphone melalui apliasi Blynk. Hasil pengujian terhadap sensor suhu dan daya diperoleh Sistem stop kontak berbasis IoT dapat memberikan informasi penggunaan daya listrik serta suhu terminal/lubang stop kontak. Rata-rata kesalahan pembacaan daya pada sensor PZEM 004 sekitar 3,5% dan rata-rata kesalahan pembacaan suhu DHT 22 sebesar 0,3%. Sistem stop kontak akan memutuskan beban listrik apabila daya beban melebihi 500 W atau suhu terminal melebihi 50°C.

 


Keywords


Stop kontak; IoT; MCU ESP8266; PZEM 004; DHT22

Full Text:

PDF

References


H. Ririn, Upaya Tertib Listrik terhadap Instalatir Kabel di daerah padat penduduk, Jurnal Kilat, Vol. 7 No. 1, hal 24—29, tahun 2018

S. Budi, Korsleting Listrik Penyebab kebakaran pada Rumah Tinggal atau Gedung. Edu Elektrika Journal, Vol. 3 No.2, 2014.

N. I. Fahrudin, dan T. Gunawan, Perancangan Stop Kontak Pengendali Energi Listrik Dengan Sistem Keamanan Hubung Singkat Dan Fitur Notifikasi Berbasis Internet Of Things (Iot), JURNAL ELEKTRO, Vol. 11, No. 2, hal 83-92, Oktober 2018.

Suraidi, dan N. Shinta, Sistem Pengendali Smart stopkontak dengan Aplikasi Android dan Web, Jurnal Tesla Volume 21 Nomor 02, hal 37-48 Tahun 2019.

F. H. Shelsa, S. Dahnial, dan M. H. H. Ichsan, Implementasi Metode Naïve Bayes pada Sistem Stop Kontak untuk Klasifikasi Perangkat Elektronik dalam Kamar, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol. 2, No. 12, hlm 6000-6007, Desember 2018.

F. S. Aldiansyah, dan A. Hafidh, Rancang Bangun Smart Saklar Guna Hemat Pemakaian Listrik Di Kawasan Rumah, artikel pada https://www.researchgate.net/publication.

H. Dolly, dan L. Jefri, Sistem Monitoring Daya Listrik Berbasis IoT (Internet of Thing), Journal of Electrical Electronic Control and Automotive Engineering (JEECAE), Vol.3, No.2, November 2018.

Tanto, dan Darmuji, Penerapan Internet of Things (IoT) Pada Alat Monitoring Energi Listrik, Jurnal Elektronika, Listrik dan Teknologi Informasi Terapan(ELTI), Volume 1, Terbitan 1, pp 45-51, Juli 2019 .

Arduino, Sensor Suhu Kelembaban DHT22 dan Arduino, https://www.ardutech.com/sensor-suhu-kelembaban-dht22-dan-arduino/, tanggal akses 9 Juli 2021.

A. Salwin, A. Tri, Nasrul, Dasrul, dan A. Fadli, Pengukuran Energi Listrik Berbasis PZEM 004T, Proseding seminar Nasional Politeknik negeri LhokseumaweVol. 3 Nio. 1 , 2019.

T. ChiKong, Analisis rangkaian Linier, Penerbit Erlangga, 2002.

Artikel, Solid State Relay, https://www.electronics-tutorials.ws/power/solid-state-relay.html, tanggal akses 8 Juni 2021.

S. P. Anggoro, P. Pances, Suhendar, Pengendali Listrik Alat Rumah Tangga untuk Menjaga Stabilitas Beban Lebih, Prosiding SENTIA– Politeknik Negeri Malang Volume 7 – ISSN: 2085-2347, 2015.

C. B. Vincentius P, R. A. Peter Rhatodirdjo, G. Albert, dan L. Diana, Rasional Sitepu, AFL Tobing, Sistem Pengendalian Aliran Listrik Dalam Ruangan Melalui Jaringan Intranet Dalam Rangka Penghematan Energi, Jurnal Ilmiah Widya Mandala Vol. 16 N0.1, 2017.

Malvino, dan S. Joko, Prinsip-Prinsip Elektronika Buku Satu, Penerbit Salemba Teknika, 2003.

H. Taufik, F. Dwiki, Rancang bangun Smart Meter Berbasis IoT Untuk Aplikasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya, 2019.

A. R. Margunadi, Teori rangkaian, Penerbit Erlangga, 1991.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v8i1.48052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.