Model Prototipe dan Analisis Use Case pada Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak Pengajuan Dokumen Kependudukan

Anggi Perwitasari, M. Azhar Irwansyah

Abstract


Penelitian ini menggunakan model prototipe dan analisis use case sebagai pendekatan dalam rekayasa kebutuhan perangkat lunak pengajuan dokumen kependudukan. Sebuah rangkaian fase iteratif prototipe dan analisis use case untuk rekayasa kebutuhan perangkat lunak pengajuan dokumen kependudukan dideskripsikan. Tujuan penggunaan model prototipe dan analisis use case ini yaitu untuk menangkap kebutuhan perangkat lunak dari beragam stakeholder, dan membantu stakeholder memahami setiap fungsi dengan mudah, memberikan evaluasi dengan cepat dan membantu pihak pengembang mendokumentasikan kebutuhan dengan cepat. Penelitian ini menghasilkan 12 (dua belas) kebutuhan awal, 12 (dua belas) prototipe serta 14 (empat belas) spesifikasi kebutuhan perangkat lunak. Seluruh prototipe telah dievaluasi dan memenuhi seluruh kebutuhan pengguna dan fungsionalitas berdasarkan evaluasi dengan traceability matrix. Spesifikasi kebutuhan perangkat lunak pengajuan dokumen kependudukan yang dihasilkan dapat digunakan dalam pengembangan aplikasi pengajuan dokumen kependudukan sebagai rekomendasi penelitian kedepannya.


Keywords


Rekayasa Kebutuhan; Prototipe; Use Case; Traceability Matrix; Dokumen Kependudukan

Full Text:

PDF

References


R.R. Young. 2004. The Requirements Engineering Handbook. Artech House, Inc. Boston, London.

Y. Firmansyah, R. Maulana, D. Arivianti. 2019. Prototipe Sistem Informasi Pelelangan Barang Berbasis Web sebagai Media Pengolah Informasi Data Pelelangan. Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol. VII, No. 2 Bulan Desember 2019.

A. Mulyanto. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

R. M. Kimmond. 1995. Survey into the acceptance of prototyping in software development. Proceedings from the IEEE Sixth International Workshop on Rapid System Prototyping, 147-152.

I. Sommerville. 2016. Software Engineering, 10th Edition. England, Pearson Education Limited.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Bab VI Bagian Kedua Pasal 59 Ayat 1 Tentang Dokumen Kependudukan.

M. Mannio, U. Nikula. 2001. Requirements Elicitation Using a Combination of Prototypes and Scenarios. Telecom Business Research Center Lappeenranta Research Report 5.

S. Sauda, E.P. Agustini. 2020. Implementasi Prototype Model dalam Pengembangan Aplikasi Smart Cleaning Sebagai Pendukung Aplikasi Smart City. Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer Vol. 20, No. 1, November 2020, pp. 73~84.

R.S. Pressman. 2010. Software Engineering a Practitioner's Approach 7th Edition. McGraw Hill Higher Education.

K. Wiegers, J. Beatty. 2013. Software Requirements,Third Edition. Microsoft Press, A Division of Microsoft Corporation, One Microsoft Way. Redmond, Washington.

R. Miles, K. Hamilton. 2006. Learning UML 2.0. O’Reilly.

Y. Syafitri. 2016. Analisa dan Perancangan Berbasis UML pada Sistem Informasi Simpan Pinjam Koperasi Swamitra Bandar Lampung. Jurnal Informasi dan Komputer, vol. 4, no. 1, pp. 22-31, Oct. 2016.

A. Susanto, Meiryani. 2019. System Development Method with The Prototype Method. International Journal of Scientific & Technology Research Volume 8, Issue 07, July 2019.

S. Sismadi. 2021. Penerapan Model Prototipe Aplikasi Perangkat Lunak Pemesanan Air Bersih Pdam Tirta Pakuan Kota Bogor. Inti Nusa Mandiri, 15(2), 119-126.

F. Shabrina, Widodo, B.P. Adhi. 2020. Model Requirement Traceability untuk Metode Pengembangan Perangkat Lunak Feature Driven Development (FDD). Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) 2020, Vol.1, No.1, 26 November 2020, hlm 230-240.

S.A. Hanansyah, W. Purnomo, Kariyoto. 2020. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akademik dan Keuangan TK Tunas Bangsa. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol. 4, No. 8, Agustus 2020, hlm. 2599-2607.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v7i2.47976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.