Truck Sharing App Ekspedisi Jalur Pontianak – Sandai dengan Metode Location Based Service Berbasis Progressive Web App

Yus Sholva, Haried Novriando, Steven Steven

Abstract


Ekspedisi merupakan jasa pengiriman yang sangat dibutuhkan dikalangan pengiriman barang ketempat yang jauh, karena ekspedisi merupakan jasa yang mengirimkan barang sampai ditujuan dengan bertanggung jawab. Permasalahan ekspedisi ini khususnya area jalur Pontianak - Sandai oleh orang yang ingin memakainya jasa ini, kesulitan mengetahui posisi truk ekspedisi yang beroperasi saat ini. Sehingga truk-truk yang melalui jalur Pontianak – Sandai dalam keadaan tidak bermuatan dan ini tidak efisien karena biaya perjalanan akan meningkat apabila barang yang mereka bawa sedikit. Tujuan penelitian ini untuk membangun aplikasi truck sharing pada jalur Pontianak - Sandai dengan metode location based service (LBS) yang berbasis progressive web app (PWA). Pengimplementasian aplikasi ini, toko dapat memilih sendiri truk-truk ekspedisi mulai dari jarak yang terdekat dan rating, yang diberikan pihak toko lain sebelumnya. Aplikasi dibangung dengan menggunakan metode LBS dapat menampilkan titik-titik lokasi supir di sekitarnya dengan memanfaatkan GPS yang ada pada perangkat pengguna berdasarkan radius yang ditentukan oleh toko. Sedangkan penerapan PWA, bertujuan memudahkan pihak toko dan supir untuk mengakses aplikasi melalui semua perangkat seperti smartphone, PC, laptop, atau tablet. Perancangan sistem dibangun dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML), untuk pengujian aplikasi dilakukan dengan dua cara, yaitu pengujian dengan metode Black Box dan Skala Likert. Hasil yang didapatkan dari pengujian Black Box adalah sistem dapat bekerja dengan LBS dan PWA sesuai yang diharapkan.

Keywords


Ekspedisi; GPS; Location Based Service; Progressive Web App; Truck Sharing

Full Text:

PDF

References


Philip Kotler. (2001). Manajement pemasaran. Jakarta: Indeks 2008.

Satika, N. D. (2014). Sistem Informasi Pengiriman Barang Berbasis Web Dengan Metode Transshipment. Tanjungpinang: Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjung Pinang.

Ismail, E., Sudarsono, A., & Purwanto, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Jasa Pengiriman Berbasis Website Pada PT Perjasa Translogistic Pontianak. Pontianak: STMIK Pontianak.

Hilaliyyah, A., & Muliyo, E. (2019). Sistem Informasi Ekspedisi Pengiriman Barang Pada Pt Bunga Lintas Cargo. Palembang: STMIK GI MDP Palembang.

Nugroho, A. (2005). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Widodo, P. P., & Herlawati. (2011). Menggunakan UML Informatika. Bandung: Informatika.

A. S. Rosa, d. S. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Park, B. (2017). Apa itu Truck Sharing dan Mengapa Anda Harus Peduli? Dipetik September 23, 2019 , dari https://www.side.cr.

Chrisman. (1997). Menganalisis dan Menyebarkan Informasi – Informasi Mengenai Daerah – Daerah Di Permukaan Bumi. Bandung: Informatika.

Kasman, Darma Akhmad. 2013. Kolaborasi Dahsyat ANDROID dengan PHP dan MYSQL. Yogyakarta: Lokomedia.

Kindarto, A. (2008). Asyik Berinternet dengan Beragam Layanan Google. Yogyakarta: Andi.

Steiniger, S., Neun, M., & Edwardes, A. (2006). Foundations of Location BasedServices. Lecturenotes. Retrieved Juli 20, 2020, from/http://www.spatial.cs.umn.edu/Courses/Fall11/8715/papers/IM7steiniger.pdf.

Santoso, H. (2019). Membangun Aplikasi Mobile dengan PWA (Progressive Web App). Yogyakarta: CV. Lokomedia.

Mustaqbal, M. S., & Firdaus, R. F. 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis. Bandung: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan

P. R. (2010). Software Engineering: a practitioner’s approach. McGraw-Hill. New York.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v7i2.47937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.