Aplikasi Pengaman Dokumen Digital Menggunakan Algoritma Kriptografi Hybrid dan Algoritma Kompresi Huffman

Febri Dwinata Yonathan, Helfi Nasution, Heri Priyanto

Abstract


Informasi merupakan kebutuhan yang penting bagi manusia. Dokumen teks adalah salah satu media untuk menyampaikan informasi. Informasi bersifat penting sehingga dibutuhkan keamanan tingkat tinggi. Pada dokumen digital dilakukan usaha untuk kompresi data untuk bertujuan mempercepat pengiriman data maupun memperkecil ruang penyimpanan data. Maka dari itu, dibuatlah aplikasi pengaman dokumen digital menggunakan algoritma kriptografi asimetri dan simetri serta algoritma kompresi Huffman. Algoritma kriptografi simetri yang digunakan adalah algoritma Vernam cipher yang kunci enkripsi dan dekripsi adalah sama. Algoritma kriptografi asimetri yang digunakan adalah algoritma RSA yang dapat menutupi kelemahan dari algoritma simetri, karena memiliki kunci yang masing-masing berbeda baik untuk enkripsi maupun dekripsi. Disamping itu, untuk kompresi data digunakan algoritma kompresi Huffman yang bersifat lossless untuk mengatasi masalah ukuran dokumen digital. Kombinasi antara algoritma kriptografi dengan algoritma kompresi menghasilkan dokumen yang tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak berhak serta menghasilkan dokumen dengan ukuran yang kecil sehingga ruang penyimpanan dan waktu pengiriman lebih efisien. Berdasarkan hasil pengujian, lama proses enkripsi maupun dekripsi dipengaruhi oleh ukuran data dokumen. Setiap dokumen yang dienkripsi mengalami penambahan ukuran data seperti dapat dilihat pada salah satu contoh kasus dimana ukuran awal dokumen 4.657 byte menjadi 7.500 byte ketika setelah dienkripsi. Pada algoritma kompresi Huffman, terjadi pengurangan ukuran seperti pada contoh kasus dokumen yang memiliki ukuran awal 4.080 byte setelah dikompres ukurannya menjadi 2.629 byte.

Keywords


Kriptografi; Kompresi; Vernam Chiper; RSA; Huffman

Full Text:

PDF

References


J. Clawdia, N. Khairina and M. K. Harahap,”Implementasi Algoritma Kriptografi One Time Pad (OTP) dengan Dynamic Key Linear Congruential Generator (LCG)”, KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 1, no. 1, 2017.

T. H. Saputro, N. Hidayati and E. I. H. Ujianto , “Survei Tentang Algoritma Kriptografi Asimetris”, JIP, vol. 6, no.2, pp.67-72, Mar. 2020.

A. Dony, “Pengantar Ilmu Kriptografi: Teori, Analisis dan Implementasi”, ANDI, 2008.

Sujono, “Penyandi Data Aplhanumerik Menggunakan Algoritma Kriptografi One Time Pad”, skripsi, Institut Teknologi Bandung, 2007 .

M. D. Irawan, “Implementasi Kriptografi Vigenere Cipher dengan PHP”, Jurnal Teknologi Informasi (JurTI), vol.1, no.1, pp. 11-21, 2017.

R. Munir, “Kriptografi Edisi Kedua”, INFORMATIKA, 2019.

A. Prayitno and N. Nurdin, “Analisa dan Implementasi Kriptografi pada Pesan Rahasia Menggunakan Algoritma Cipher Transposition”, Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer (JESIK), vol. 3, no.1, 2017.

R. Sahara, H. Prastiawan and A. Rohman, “Implementasi Keamanan SMS dengan Algoritma RSA pada Smartphone Android”, JURNAL ILMIAH FIFO, vol. 9, no. 2, 2017.

A. Ginting, R. R. Isnanto and I. P. Windasari, “Implementasi Algoritma Kriptografi RSA Untuk Enkripsi dan Dekripsi Email”, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol.3, no.2, 2015.

P. Abdala, M. A. Budiman and Herriyance, “Implementasi Algoritma Kriptografi Vernam Cipher dan DES (Data Encryption Standard) pada Aplikasi Chatting Berbasis Android”, JURNAL ILMIAH CORE IT, vol. 5, no. 1, 2017.

T. S Permana, C. A. Sari, E. H. Rachmawanto et al, “Implementasi Pengamanan Citra Digital Berbasis Metode Kriptografi Vernam Cipher”, Techno.COM, vol. 16, no. 4, 2017.

M. I. Ukkas, R. Andrea and A. B. P. Anggen, “Teknik Pengamanan Data dengan Steganografi Metode End Of File (EOF) dan Kriptografi Vernam Cipher”, Sebatik, vol. 17, no. 1, 2017.

E. Prayoga and K. M. Suryaningrum, “Implementasi Algoritma Huffman dan Run Length Encoding pada Aplikasi Kompresi Berbasis Web”, Jurnal Ilmiah Teknologi Terapan, vol. 4, no. 2, 2018.

D. P. Pujianto, Mujito and B. H. Prasetyo, “Perbandingan Metode Huffman dan Run Length Encoding pada Kompresi Document”, InfoTekjar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), vol. 5, no. 1, 2020.

J. Adisantoso, D. D. Sulistio and B. P. Silalahi, “Kompresi Data Menggunakan Algoritme Huffman”, in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, Yogyakarta, 2004.

I. Alam, “Aplikasi Kode Huffman dalam Kompresi Gambar Berformat JPEG”, makalah, Institut Teknologi Bandung, 2008.

A. F. Harismawan, A. P. Kharisma and T. Afrianto, “Analisis Perbandingan Performa Web Service Menggunakan Bahasa Pemrograman Python, PHP, dan Perl pada Client Berbasis Android”, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 1, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v7i2.47077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.