Pendekatan Baru untuk Merepresentasi Informasi di Bidang Pendidikan Menggunakan Kombinasi Ontologi

Selvia Ferdiana Kusuma, Fadelis Sukya, Agustono Heriadi

Abstract


Ontologi adalah sebuah konsep yang dirancang untuk merepresentasikan relasi antar informasi. Ontologi dapat digunakan untuk merepresentasikan informasi berbentuk hierarki maupun non hierarki.  Namun, model ontologi yang ada saat ini pada umumnya selalu bersifat domain spesifik. Peran ahli sangat dominan ketika membuat ontologi yang bersifat domain spesifik. Kelengkapan informasi pada ontologi tergantung pada kemampuan ahli pada domain tersebut dan ahli di bidang teknologi informasi untuk merepresentasikan informasi ke dalam bentuk ontologi. Oleh sebab itu diperlukan model ontologi baru agar dapat menghasilkan ontologi yang tidak bersifat domain spesifik. Sehingga mempermudah proses representasi informasi ke dalam bentuk ontologi dan mengurangi peran ahli dalam proses pembuatan ontologi tersebut. Model ontologi baru yang diusulkan adalah kombinasi dari ontologi taksonomi dan ontologi kalimat. Informasi berbentuk hierarki akan direpresentasikan dalam bentuk ontologi taksonomi, sedangkan informasi non-hierarki akan direpresentasikan dalam bentuk ontologi kalimat. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan, diketahui bahwa kombinasi ontologi yang diusulkan dapat menghasilkan ontologi yang tidak bersifat domain spesifik, mempermudah proses pembangkitan ontologi, dan mengurangi peran ahli dalam pembuatan ontologi tersebut.

Keywords


Representasi informasi; ontologi; buku teks; kombinasi ontologi

Full Text:

PDF

References


S. Susanti, “Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 25–37, 2016, doi: 10.17509/jpgsd.v1i1.9060.

R. N. Hanifah, N. Y. Rustaman, and Saefudin, “Penggunaan Concept Map dan Mind Map untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Penguasaan Konsep,” Semin. Nas. Konserv. dan Pemanfaat. Sumber Daya Alam 2015, no. 1994, pp. 244–250, 2015.

D. Cahya et al., “Mind Mapping Model: Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar,” J. JPSD (Jurnal Pendidik. Sekol. Dasar), vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2019, doi: 10.12928/jpsd.v6i1.13435.

S. P. Ramadhani, “PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MIND MAPPING DI TUMBUHAN DAN FUNGSINYA ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV , Kelurahan Manggarai , Kecamatan Tebet , Jakarta Selatan ),” J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 2, pp. 89–106, 2018.

S. F. Kusuma, D. O. Siahaan, and C. Fatichah, “Automatic Question Generation in Education Domain Based on Ontology,” in CENIM 2020 - Proceeding: International Conference on Computer Engineering, Network, and Intelligent Multimedia 2020, 2020, pp. 251–256, doi: 10.1109/CENIM51130.2020.9297991.

E. Doynikova, A. Fedorchenko, and I. Kotenko, “Ontology of metrics for cyber security assessment,” ACM Int. Conf. Proceeding Ser., 2019, doi: 10.1145/3339252.3341496.

L. M. Schriml et al., “Human Disease Ontology 2018 update: Classification, content and workflow expansion,” Nucleic Acids Res., vol. 47, no. D1, pp. D955–D962, 2019, doi: 10.1093/nar/gky1032.

B. Diatta, A. Basse, and S. Ouya, “Bilingual ontology-based automatic question generation,” in IEEE Global Engineering Education Conference, EDUCON, 2019, vol. April-2019, pp. 679–684, doi: 10.1109/EDUCON.2019.8725090.

S. Ulfa, D. Barnabas, and C. Kurniawan, “Modelling the learner model based ontology in adaptive learning environment,” vol. 1, no. 1, pp. 35–46, 2019.

A. Karkar and J. Ji. M. Al, “An Educational Ontology-based M-Learning System,” iJIM, vol. 10, no. 4, pp. 48–56, 2016.

S. Chimalakonda and K. V. Nori, “An ontology based modeling framework for design of educational technologies,” arXiv, 2018.

D. Baeva and D. Atanasova, “Ontology based resource for history education,” TEM J., vol. 7, no. 4, pp. 782–786, 2018, doi: 10.18421/TEM74-13.

I. Pistol, D. Trandabăț, and M. Răschip, “Medi-test: Generating tests from medical reference texts,” Data, vol. 3, no. 4, pp. 1–12, 2018, doi: 10.3390/data3040070.

J. Leo et al., “Ontology-Based Generation of Medical, Multi-term MCQs,” Int. J. Artif. Intell. Educ., no. 29, pp. 145–188, 2019.

R. Manna, P. Pakray, S. Banerjee, D. Das, and A. Gelbukh, “CookingQA: A question answering system based on cooking ontology,” Lect. Notes Comput. Sci. (including Subser. Lect. Notes Artif. Intell. Lect. Notes Bioinformatics), vol. 10061 LNAI, pp. 67–78, 2017, doi: 10.1007/978-3-319-62434-1_6.

M. Bravo, L. F. H. Reyes, and J. A. Reyes Ortiz, “Methodology for ontology design and construction,” Contaduria y Adm., vol. 64, no. 4, pp. 1–24, 2019, doi: 10.22201/FCA.24488410E.2020.2368.

D. Orozova and M. Todorova, “Ontology concept in courses on students,” TEM J., vol. 7, no. 3, pp. 693–697, 2018, doi: 10.18421/TEM73-29.

Y. S. Baskoro, H. Jayadianti, J. T. Informatika, F. T. Industri, K. Depok, and K. Sleman, “Ontologi Pada Domain Kriminalitas Kepolisian,” TELEMATIKA, vol. 15, no. 01, pp. 13–29, 2018.

R. De Almeida Falbo, “SABiO: Systematic approach for building ontologies,” CEUR Workshop Proc., vol. 1301, 2014.

A. Saad and S. Shaharin, “The Methodology for Ontology Development in Lesson Plan Domain,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 7, no. 4, pp. 557–562, 2016, doi: 10.14569/ijacsa.2016.070472.

T. Fruhwirth, W. Kastner, and L. Krammer, “A methodology for creating reusable ontologies,” Proc. - 2018 IEEE Ind. Cyber-Physical Syst. ICPS 2018, pp. 65–70, 2018, doi: 10.1109/ICPHYS.2018.8387639.

E. M. Sibarani, M. Nadial, E. Panggabean, and S. Meryana, “A study of parsing process on natural language processing in bahasa Indonesia,” in Proceedings - 16th IEEE International Conference on Computational Science and Engineering, CSE 2013, 2013, pp. 309–316, doi: 10.1109/CSE.2013.56.

R. A. Sukamto and D. H. Widyantoro, “Penguraian Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Pengurai Collins,” Malindo, pp. 1–7, 2009.

D. Anitia, Y. Munarko, and Y. Azhar, “Parsing Twitter Menggunakan Metode Left-Corner Parsing Dengan Memanfaatkan Pos Tagger,” J. Repos., vol. 2, no. 7, p. 897, 2020, doi: 10.22219/repositor.v2i7.203.

H. K. Wardana, I. Swanita, and B. W. Yohanes, “Sistem Pemeriksa Pola Kalimat Bahasa Indonesia berbasis Algoritme Left-Corner Parsing dengan Stemming,” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 3, p. 211, 2019, doi: 10.22146/jnteti.v8i3.515.

M. R. Pratama, S. Kusumadewi, and T. Hidayat, “Penerapan Algoritma Lalr Parser Dan Context-Free Grammar untuk Struktur Kalimat Bahasa Indonesia,” J. Teknol. Elektro, Univ. Mercu Buana, vol. 8, no. 1, pp. 1–8, 2017.

S. Peroni, “A simplified agile methodology for ontology development,” Lect. Notes Comput. Sci. (including Subser. Lect. Notes Artif. Intell. Lect. Notes Bioinformatics), pp. 1–12, 2017, doi: 10.1007/978-3-319-54627-8_5.

K. Tahar, J. Xu, and H. Herre, “Expert2OWL: A methodology for pattern-based ontology development,” Stud. Health Technol. Inform., vol. 243, pp. 165–169, 2017, doi: 10.3233/978-1-61499-808-2-165.

B. Fawei, J. Z. Pan, M. Kollingbaum, and A. Z. Wyner, “A Semi-automated Ontology Construction for Legal Question Answering,” New Gener. Comput., vol. 37, no. 4, pp. 453–478, 2019, doi: 10.1007/s00354-019-00070-2.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v7i2.46978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.