Sistem Berkas Digital Sebagai Media Penyimpanan Dokumen Kinerja Dosen

Novi Safriadi, Helen Sastypratiwi

Abstract


Tugas utama Dosen adalah melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaan tugas dan hasil kegiatan tridharma dibuktikan dalam bentuk dokumen kinerja dosen seperti surat tugas, surat keputusan atau sertifikat. Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah sistem berkas digital. Sistem berkas digital ini menjadi perlu untuk dirancang dalam bentuk sistem repositori dokumen yang dapat menyimpan dokumen kinerja dosen dalam format digital. Dalam perancangan sistem berkas digital ini menggunakan metode prototipe. Sistem berkas digital menjadi langkah penting yang harus dilakukan sehingga dosen dapat dengan mudah mengakses dokumen kinerja untuk dapat digunakan dalam pelaporan capaian kinerja dosen pada setiap semester. Fungsi yang dapat menghasilkan tautan (generate link) sumber dokumen menjadi fitur penting yang dapat digunakan sebagai tautan informasi pendukung bukti pelaporan capaian kinerja dosen. Di Universitas Tanjungpura, capaian kinerja dosen dilaporkan melalui Sistem Beban Kerja Dosen (BKD). Adanya sistem berkas digital ini dinilai berhasil menjadi media penyimpanan dokumen kinerja dosen, khususnya pada Jurusan Informatika. Dokumen kinerja dosen yang telah dipindai menjadi berkas digital, kemudian diunggah ke sistem berkas digital, sehingga setiap saat berkas digital ini dapat diakses dan dimanfaatkan oleh dosen untuk berbagai keperluan. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, dosen dapat mengakses sistem berkas dan mendapatkan setiap dokumen yang terdaftar atas namanya. Dalam sistem berkas digital, tautan dokumen dapat disalin dengan satu kali klik, untuk kemudian ditempelkan sebagai bukti capaian kinerja pada Sistem BKD. Pada semester genap 2019/2020 dan gasal 2020/2021 jumlah berkas digital yang diunggah sebanyak 228 dokumen, artinya sebanyak 228 tautan yang dapat digunakan oleh dosen sebagai bukti dalam pelaporan capaian kinerja dosen pada Sistem BKD.


Keywords


Dosen; Dokumen Kinerja; Sistem Berkas Digital; Sistem BKD; Jurusan Informatika

Full Text:

PDF

References


P. Suyadi, “Kebijakan Kinerja Karyawan,” Yogyakarta BPFE, 1999.

D. Anggerainy, “Evaluasi Kinerja Lembaga Pemasyarakatan Klas I Tanjung Gusta Medan,” 2014.

W. Supriyono, T. Tukiran, and A. Sudjadi, “PENGARUH KECERDASAN EMOSI, GAYA PEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU (Studi pada SMP dan SMA Negeri di Kabupaten Banjarnegara),” Sainteks, vol. 11, no. 1, 2014.

P. A. Bernstein and U. Dayal, “An overview of repository technology,” in VLDB, 1994, vol. 94, pp. 705–713.

M. Armstrong, “Institutional repository management models that support faculty research dissemination,” OCLC Syst. Serv., 2014.

M. Z. H. Shoeb, “Access management for digital repository,” DESIDOC J. Libr. Inf. Technol., vol. 29, no. 4, p. 21, 2009.

T. S. Plutchak and K. B. Moore, “Dialectic: The aims of institutional repositories,” Ser. Libr., vol. 72, no. 1–4, pp. 27–35, 2017.

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu, Pedoman Penilaian BKD Universitas Tanjungpura Tahun 2021, Pontianak, 2021.

M. A. Irwansyah, “Sistem Informasi Repository Digital Beban Kerja Dosen,” vol. 1, no. 1, pp. 18–23, 2015.

R. S. Pressman, Software engineering: a practitioner’s approach. Palgrave Macmillan, 2005.

F. D. Y. Astutik, A. Kharismasari, T. B. S. A. Laksono, I. Santoso, and A. Chusyairi, “E-Library Peminjaman dan Pengembalian Buku Berbasis Web dengan Metode Prototipe,” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 3, pp. 254–260, 2019.

J. A. O’brien and G. M. Marakas, Management information systems, vol. 9. McGraw-Hill/Irwin, 2011.

A. Mulyanto, “Sistem Informasi konsep dan aplikasi,” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, vol. 1, pp. 1–5, 2009.

D. Norman, “Emotion & design: attractive things work better,” interactions, vol. 9, no. 4, pp. 36–42, 2002.

M. L. Larrea, “Black-box testing technique for information visualization. Sequencing constraints with low-level interactions,” J. Comput. Sci. Technol., vol. 17, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v7i2.46055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.