Leap Motion Controller Game Sebagai Alat Bantu Terapi Rehabilitasi Otot Tangan

Restu Rakhmawati, Helmi Roichatul Jannah

Abstract


Salah satu bagian tubuh yang rawan mengalami cedera adalah tangan. Cedera tangan umumnya disebabkan oleh kecelakaan yang tidak disengaja ataupun dampak dari beberapa penyakit seperti parkinson dan stroke. Cedera otot tangan memerlukan proses penyembuhan secara terapi dan pemulihan dengan rehabilitasi. Terapi dan rehabilitasi otot tangan sangat bergantung pada gerakan olahraga rutin pada pasien dengan rekomendasi dari dokter. Namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh pasien yang memerlukan terapi ini. Pertama, proses terapi rehabilitasi otot tangan memerlukan waktu yang panjang sehingga membuat pasien merasa bosan. Kedua, pasien mendapatkan instruksi dari dokter untuk melakukan gerakan yang melatih otot tangan seperti mengepal-kepalkan tangan, mengambil benda-benda di rumah dengan menggunakan tangan. Pasien memerlukan alat bantu yang dapat mempermudah mereka untuk melakukan gerakan terapi secara rutin sesuai dengan perkembangan kondisi tangan mereka. Leap motion controller akan digunakan sebagai perangkat masukan (input) pada alat bantu terapi yang akan dikembangkan. Permainan tersebut dapat dimainkan oleh pemain dengan menggunakan leap motion controller. Permainan didesain berdasarkan rekomendasi gerakan rehabilitasi oleh dokter. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknologi yang dapat membantu proses terapi rehabilitasi pasien cedera otot tangan. Alat bantu terapi yang dikembangan akan menerapkan gamifikasi untuk membuat proses terapi lebih mudah dan menyenangkan bagi pasien.


Keywords


Terapi; Otot Tangan; Rehabilitasi; Game; Leap Motion Controller

Full Text:

PDF

References


Z. Liu, Y. Zhang, P. P. Rau, and P. Choe, “Leap-Motion Based Online Interactive System for Hand Rehabilitation,” 2015, vol. 9181, no. August, doi: 10.1007/978-3-319-20934-0.

S. Ameur, A. Ben Khalifa, and M. S. Bouhlel, “A comprehensive leap motion database for hand gesture recognition,” 2016 7th Int. Conf. Sci. Electron. Technol. Inf. Telecommun. SETIT 2016, no. December, pp. 514–519, 2017, doi: 10.1109/SETIT.2016.7939924.

E. D. Oña, C. Balaguer, R. Cano-De La Cuerda, S. Collado-Vázquez, and A. Jardón, “Effectiveness of serious games for leap motion on the functionality of the upper limb in Parkinson’s disease: A feasibility study,” Comput. Intell. Neurosci., vol. 2018, 2018, doi: 10.1155/2018/7148427.

M. Alimanova et al., “Gamification of hand rehabilitation process using virtual reality tools: Using leap motion for hand rehabilitation,” Proc. - 2017 1st IEEE Int. Conf. Robot. Comput. IRC 2017, pp. 336–339, 2017, doi: 10.1109/IRC.2017.76.

A. Mckenzie, “Free-Hand Interaction with Leap Motion,” CHI, pp. 1663–1668, 2014.

A. Manolova, “Application for Hand Rehabilitation Using Leap Motion Sensor Based on a Gamification Approach Application for Hand Rehabilitation Using Leap Motion Sensor Based on a Gamification Approach,” Int. J. Adv. Res. Sci. Eng., vol. 5, no. February, pp. 61–69, 2016.

F. Setiawan Daldiri, W. N. Khotimah, and D. Herumurti, “Rancang Bangun Aplikasi Terapi Pascastroke untuk Latihan Pergerakan Jari Tangan dengan Menggunakan Leap Motion Controller,” J. Tek. ITS, vol. 6, no. 2, pp. 436–439, 2017, doi: 10.12962/j23373539.v6i2.23753.

I. Afyouni, A. M. Qamar, S. O. Hussain, F. U. Rehman, B. Sadiq, and A. Murad, “Motion-based serious games for hand assistive rehabilitation,” Int. Conf. Intell. User Interfaces, Proc. IUI, pp. 133–136, 2017, doi: 10.1145/3030024.3040977.

M. Madsen, R. el Kaliouby, M. Eckhardt, M. E. Hoque, M. S. Goodwin, and R. Picard, “Lessons from participatory design with adolescents on the autism spectrum,” in CHI 2009, 2009, pp. 3835–3840.

W. L. Lee et al., “Objective evaluation of bradykinesia in Parkinson’s disease using an inexpensive marker-less motion tracking system,” Physiol. Meas., vol. 40, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1361-6579/aafef2.

F. Nainggolan, B. Siregar, and F. Fahmi, “User Experience in Excavator Simulator using Leap Motion Controller in Virtual Reality Environment User Experience in Excavator Simulator using Leap Motion Controller in Virtual Reality Environment,” J. Phys. Conf. Ser., 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1566/1/012093.

C. J. Kincaid, “Frequency response of the Leap Motion Controller and its suitability for measuring tremor,” 2018.

H. R. Fazeli, P. Stief, J. Dantan, A. Etienne, and A. Siadat, “A Virtual Environment for Hand Motion Analysis,” Procedia CIRP, vol. 78, pp. 127–132, 2018, doi: 10.1016/j.procir.2018.09.060.

V. Shah, M. Cuen, T. Mcdaniel, and R. Tadayon, “A Rhythm-Based Serious Game for Fine Motor Rehabilitation Using Leap Motion,” 2019.

R. Hunicke, M. Leblanc, and R. Zubek, “MDA : A Formal Approach to Game Design and Game Research,” 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v6i3.42885

Refbacks