Model Antrian Pendaftaran Pasien Rawat Jalan pada Rumah Sakit (Studi Kasus di RSUD Sultan Syarif Mohammad Alkadrie Pontianak)

Adetya Pratiwi, Eva Faja Ripanti, Anggi Srimurdianti Sukamto

Abstract


Antrian adalah suatu garis tunggu oleh satu atau lebih pelanggan dalam suatu sistem untuk mendapatkan pelayanan. Pelanggan pada antrian rawat jalan rumah sakit adalah pasien sedangkan layanannya adalah pendaftaran dan layanan medis. Masalah utama yang terjadi pada layanan rawat jalan rumah sakit dilihat dari hasil observasi pada RSUD Sultan Syarif Mohaman Alkadrie yaitu waktu yang dihabiskan pasien sangat lama, mulai dari pendaftaran hingga mendapatkan layanan medis oleh dokter yang bersangkutan. Pada model antrian rumah sakit tersebut, waktu tunggu paling banyak dihabiskan pasien untuk menunggu mendapatkan pelayanan medis. Model antrian baru yang dibangun adalah (M/D/n) : (FCFS/?/?), di mana setelah melakukan analisis yang mendalam terhadap kebutuhan sistem antrian di rumah sakit dapat membantu pasien untuk memantau jalannya antrian tanpa harus menunggu di rumah sakit. Implementasi model antrian pada website membuktikan bahwa waktu tunggu pasien selama 2 jam saat observasi awal dapat berkurang hingga mencapai 1 menit. Uji sistem terhadap aplikasi yang dibangun pada penelitian ini dilakukan dengan UAT (User Acceptance Test) dan blackbox. Pengujian blackbox dilakukan untuk menguji input dan output pada sistem dan seluruh hasilnya sesuai. Pengujian UAT secara keseluruhan mendapatkan respon sangat baik.


Keywords


Antrian; Model; Poli Rawat Jalan; Rumah Sakit; Waktu Tunggu

Full Text:

PDF

References


Bustani, Neti M., A. Joy Rattu, and Josephine SM Saerang. Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Propinsi Sulawesi Utara. EBiomedik 3.3, 2015.

Clune, Thomas .L. dan Richard B. Rood, Software Testing and Verification In Climate Model Development, IEEE Journal , Focus: Climate Change Software, 2011.

Heizer, Jay dan Barry Render, Operation Management. Jakarta: Salemba Empat Jakarta, 2008.

Hamdani, Ahmad Yusuf, Analisis Efisiensi Model Antrian Menggunakan Teori Antrian di Loket Pembayaran Pajak Kendaraan Samsat Surakarta pada Jam Operasional Layanan, Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2016.

Krajewski J. dan Larry P. Ritzman, Operation Management Processes and supply chain (Ninth Edition), New Jersey: Pearson Education, Inc, 2010.

Pressman, Roger S., Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak Edisi 7, Yogyakarta: Andi, 2010.

Rohman, Abdul. Mengenal Framework “Laravel” (Best PHP Frameworks for 2014), 2014.

Rudiyanto, Arief. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi. 2011.

Siagian, P. Penelitian Operasional: Teknik dan Praktek. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press), 1987

Sidik, Betha. Pemrograman WEB dengan PHP. Bandung: Informatika, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sukamto, Rosa Ariani dan M. Shalahudin. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2013.

Sukamto, Rosa Ariani. Black-Box Testing, Testing dan Implementasi Sistem, 2009.

Suryadhi, Putu A. R. dan Nichson Jp Manurung. Model Antrian pada Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit. Bali: Universitas Udayana, 2009.

Susanto, Azhar. Sistem Informasi Akuntansi: Konsep dan Pengembangannya. Indonesia: Lingga Jaya, 2004




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v6i2.41466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.