Analisis Perbandingan Kualitas UI/UX Platform Online Coding Course pada Pembelajaran Daring Pemrograman Komputer dengan Metode A/B Testing

Novia Ratnasari, Aji Prasetya Wibawa

Abstract


Dalam Era Industri 4.0, siswa SMK harus mampu menguasai berbagai jenis bahasa pemrograman dengan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang dibutuhkan dalam dunia industri. Namun, hal ini berbanding arah dengan sinkronisasi kurikulum pada Sekolah Menengah Kejuruan. Pada konsentrasi pemrograman hanya terdapat beberapa bahasa pemrograman seperti JAVA, PHP, dan C++ dengan kompetensi keahlian dasar sebagai bentuk bekal peserta didik belajar bahasa pemrograman dasar. Untuk itu peserta didik perlu melakukan upgrade skills coding yang dimiliki dengan terus mempelajari bahasa pemrograman dari banyak sumber. Antara lain adalah online coding course Codecademy; W3school; dan Udemy, yang menjadi wadah bagi siswa untuk mengasah kemampuan coding diluar jam pelajaran efektif. Pada penelitian ini dilakukan analisis user interface dan user exsperience berdasarkan A/B testing dengan berpedoman pada 5E yaitu: a. Effective; b. Efficient; c. Engaging; d. Error Tolerant; dan e. Easy to Learn. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan ekplorasi terhadap ketiga situs web tersebut. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kecenderungan siswa SMK lebih menggunakan situs W3school sebagai online coding course dengan presentase 130% atau rata-rata 1.30 poin. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan guru dan siswa dalam memilih sumber belajar, dan kepada developer dapat dijadikan rekomendasi market share pengguna yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa SMK.


Keywords


online coding course; Codecademy; W3school; Udemy; Bahasa Pemrogramanonline coding course; Codecademy; W3school; Udemy; Bahasa Pemrograman

Full Text:

PDF

References


W. P. Dewa, N. Rofiah, And S. Nita, “Sistem Informasi Pembelaran Bahasa Pemrograman Java Menggunakan Metode Dao Dan Mvc Berbasis Web,” Semin. Nas. Teknol. Inf. Dan Komun., Vol. 0, Pp. 1–6, 2018.

L. Joni, “Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman C++,” Jurusan Manajemen Informatika, Ftk, Undiksha, 1395.

B. Mccane, “Introductory Programming With Python Curriculum,” Python Pap. Monogr., Vol. 1, Pp. 1–11, 2015.

R. Nixon, Learning Php, Mysql & Javascript With Jquery, Css & Html5. .

Reksoadmodjo N T, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. Pt Revika Aditama, 2010.

A. K. Firman, H. Mustafidah, J. Raya, And D. Purwokerto, “Analisis Korelasi Pemanfaatan Internet Terhadap Prestasi Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto ( Correlation Analysis Of The Internet Use And The In Muhammadiyah University Of Purwokerto ),” Juita (Jurnal Inform. Ump, Vol. Iii, No. November, Pp. 63–69, 2014.

S. Suwarsito And H. Harjono, “Pemanfaatan Edukasi-Net Dalam Pencarian Sumber Belajar Melalui Akses Internet,” Juita (Jurnal Inform. Ump, Vol. I, No. 2, Pp. 59–63, 2010.

D. Surani, “Studi Literatur : Peran Teknolog Pendidikan,” 2019, Vol. 2, No. 1, Pp. 456–469.

A. Kurniawan And H. Mustafidah, “Analisis Dampak Pemanfaatan Website Desa Dalam Perkembangan Ekonomi Warga Kecamatan Kalibagor ( The Impact Of Website Used Analysis In Economic Development At Kalibagor Resident ),” Juita (Jurnal Inform. Ump, Vol. Iv, Pp. 48–57, 2016.

Pusvyta Sari, “Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning,” Ummul Quro, Vol. 6, No. Jurnal Ummul Qura Vol Vi, No 2, September 2015, Pp. 20–35, 2015.

Henri Septanto, “Elearning Menggunakan Edmodo Sebuah Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web Pada Kelas Shift Di Stmik Bina Insani,” Bina Insa. Ict J., Vol. 2, No. 2, P. 129, 2015.

Psmk Kemdikbud, “Ki Dan Kd Smk/Mak (Perdirjen Dikdasmen No. 464/D.D5/Kr/2018),” 2019.

Jerrad, “11 Places To Learn To Code Online,” 2019. [Online]. Available: Https://Www.Whatsthehost.Com/Learn-To-Code-Online/.

J. H. Sharp, “Using Codecademy Interactive Lessons As An Instructional Supplement In A Python Programming Course,” Inf. Syst. Educ. J., Vol. 17 (3), No. 1, Pp. 20–25, 2019.

M. Lulu Latif, “Pengaruh Penggunaan Website Www.W3schools.Com Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pemrogaman Web Di Smk Negeri 1 Bawang,” J. Pendidik. Tek. Inform., Pp. 1–6.

G. R. Agrawal, “Udemy- A Virtual Learning Environment,” Vol. 68, No. 9, Pp. 1141–1147, 2020.

R. Kohavi And R. Longbotham, “Online Controlled Experiments And A/B Testing,” Encycl. Mach. Learn. Data Min., No. January, 2016.

“A/B Testing.” [Online]. Available: Https://Devopedia.Org/A-B-Testing.

Data Scienece Assn, “The Ultimate Guide To A / B Testing What ’ S In The Ebook ? What Is Unbounce ?,” .

W. Quesenbery, “Dimensions Of Usability: Defining The Conversation, Driving The Process,” Proc. Usability Prof. Assoc. Conf. Ubiquitous Usability, 2003.

T. Burns, Y. Gao, C. Sherman, A. Vengerov, And S. Klein, “Information Systems Education Journal,” Inf. Syst. Educ. J., Vol. 12, No. 1, Pp. 4–16, 2014.

V. Pateriya, S. Salegaonkar, J. Shah, S. Shivale, And R. Diwate, “A Survey On E-Resource System Vivekkumar,” Int. J. Innov. Res. Comput. Commun. Eng. (An Iso Certif. Organ., Vol. 4, No. 2, 2016.

A. W. Paper, “Meeting The Upskilling Demands Of The Singapore Workforce Through Moocs,” Pp. 1–39.

Google Trend, “Compare For Website: Codecademy; W3school; Dan Udemy.,” 2020. [Online]. Available: Https://Trends.Google.Com/Trends/Explore?Date=Today 5-Y&Geo=Id&Q=%2fm%2f0kfx9cl,%2fm%2f0g48fl,%2fm%2f0h3rj36.

Siti Nurbaya, “Mengapa Situs Seperti W3schools Bisa Bebas Biaya,” November 2018, 2018. [Online]. Available: Https://Id.Quora.Com/Mengapa-Situs-Seperti-W3schools-Bisa-Bebas-Biaya-Dengan-Semua-Fitur-Dan-Layanan-Yang-Ada-Sedangkan-Situs-Lain-Memerlukan-Akun-Keanggotaan-Berbayar-Untuk-Menikmati-Fitur-Seperti-Itu. [Accessed: 09-Mar-2020].

Firmansyah R, “Belajar Coding : Apa Yang Harus Dipelajari? Dan Website Belajar Pemrograman,” Desember 2019, 2019. [Online]. Available: Https://Www.Jagoanhosting.Com/Blog/Belajar-Coding/. [Accessed: 09-Mar-2020].

M. Z. Shaath Et Al., “Css-Tutor: An Intelligent Tutoring System For Css And Html Mariam,” Int. J. Acad. Res. Dev., Vol. 2, No. 1, P. January 2017; Page No. 94-99, 2017.

L. Wai, “Data Science At Udemy: Agile Experimentation With Algorithms,” Ftc 2016 - Proc. Futur. Technol. Conf., No. December, Pp. 355–360, 2017.

W3school, “Browser Statistics,” 2020. [Online]. Available: Https://Www.W3schools.Com/Browsers/Default.Asp. [Accessed: 09-Mar-2020].

“Respons Google Form,” 2020. [Online]. Available: Https://Docs.Google.Com/Forms/D/E/1faipqlseyst5th6yvstskm26zb7jk4kpin85ns5plv-4xd9t1tj641g/Viewform?Usp=Sf_Link. [Accessed: 17-Mar-2020].

D. Derisma, “Analyzing User Experience Of Website For The Learning Of Programming Language,” J. Edukasi Dan Penelit. Inform., Vol. 6, No. 1, P. 1, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v6i2.40771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.