Pengembangan Model Evaluasi Stake Berbasis ANEKA-Tri Hita Karana dengan Pengkalkulasian SAW dalam Penentuan Aspek-aspek Prioritas Perbaikan Mutu Belajar dan Karakter Siswa

Dewa Gede Hendra Divayana

Abstract


Model evaluasi yang dapat digunakan secara akurat untuk mengevaluasi mutu belajar dan karakter siswa pada SMK TI dan mampu memberikan rekomendasi yang tepat dengan menunjukkan aspek-aspek prioritas yang perlu disempurnakan, merupakan suatu inovasi baru yang menjadi kebutuhan dunia pendidikan di era revolusi industri 4.0 saat ini. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan utama untuk mengetahui bentuk rancangan dari model evaluasi pendidikan yang menggabungkan model Stake, konsep ANEKA, konsep Tri Hita Karana dan metode SAW (Simple Additive Weighting) sebagai terobosan untuk menjawab kebutuhan dunia pendidikan terkait inovasi baru dalam pengembangan model evaluasi pendidikan. Metode yang digunakan dalam mengembangkan model evaluasi ini adalah metode Research & Development (R&D) dengan desain Borg and Gall. Subjek yang dilibatkan pada uji coba rancangan dan simulasi perhitungan SAW dalam penelitian ini sebanyak dua pakar pendidikan dan dua pakar informatika. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner dan foto dokumentasi. Teknik deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengenalisis data yang terkumpul dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase efektivitas rancangan model evaluasi sebesar 89% sehingga dapat dikategorikan baik dan tidak perlu dilakukan revisi major jika ditinjau dari pengkonversian tingkat pencapaian efektivitas dengan skala lima.


Keywords


Model Evaluasi; Stake; ANEKA; Tri Hita Karana; SAW

Full Text:

PDF

References


Usman, “Dinamika Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Pada Lembaga Pendidikan Tinggi,” Jurnalisa, Vol. 3, No.1, 61-75, 2017.

I.M. Sundayana, “Implementation of Computer Assisted CIPP Model for Evaluation Program of HIV/AIDS Countermeasures in Bali,” International Journal of Advanced Research in Artificial Intelligence, Vol. 4, No. 11, 27-29, 2015.

B. Mahirah, “Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa),” Jurnal Idaarah, Vol. 1, No. 2, 257-267, 2017.

M. Prihaswati, E.A. Purnomo, Sukestiyarno, and Mulyono, “UCLA Method: The Character Education Evaluation on Basic Mathematics Learning in Higher Education,” The 3rd International Seminar on Education and Technology, 55-60, 2017.

T.J. Gondikit, “The Evaluation of Post PT3 Program Using Stake’s Countenance Model,” Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJ-SSH), Vol. 3, No. 4, 109-118, 2018.

A. Lukum, “Evaluasi Program Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Countenance Stake,” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 19, No. 1, 25-37, 2015.

P.S. Oktarina, “Aktualisasi Nilai ANEKA Pada Profesi Dosen IHDN Denpasar Sebagai Dasar Komitmen Mutu Pelayanan Publik,” Jurnal Penjaminan Mutu, Vol. 2, No.1, 28-33, 2016.

T.H. Retnowati, D. Mardapi, B. Kartowagiran, dan Suranto, “Model evaluasi kinerja Dosen: Pengembangan Instrumen Untuk Mengevaluasi Kinerja Dosen,” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol.21, No.2, 206-214, 2017.

Sugiyanto, B. Kartowagiran, dan Jailani, “Pengembangan Model Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika di SMP Berdasarkan Kurikulum 2013,” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol.19, No.1, 82-95, 2015.

A. Basuki, “Efektifitas Implementasi Diklat Prajabatan Kategori I dan II Sesuai Peraturan Kepala LAN Nomor 18 Tahun 2014,” Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Nasional ke-2 Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI) Provinsi Banten Pandeglang, 484-491, 2015.

W. Ramansyah, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Tema Pengenalan Huruf Hijaiyah untuk Peserta Didik Sekolah Dasar,” Jurnal Ilmiah Edutic, Vol. 3, No. 1, 28-37, 2016.

Y. Maryansyah, “An Analysis on Readability of English Reading Texts for Grade IX Students at MTSN 2 Kota Bengkulu,” Premise Journal, Vol. 5, No.1, 69-88, 2016.

D.Y.H. Tanjung, and R. Adawiyah, “Optimizing Selection of Decision Support System with Fuzzy Simple Additive Weighting,” The 6th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM 2018), 1-4, 2018.

G. Lumbantoruan, M.J. Purba, E.J.G. Harianja, R. Nainggolan, R. Perangin-angin, and D. Manalu, “Determines the Weight Criteria of Simple Additive Weighting Method Using Certainty Factor,” 2019 International Conference of Computer Science and Information Technology (ICoSNIKOM), 1-5, 2019.

D.B. Sanjaya, Sukadi, N. Suastika, Y. Sastrawijaya, and I.G.A.P. Kartika, “Utilization of Civic KVS-SAW Evaluation Model in Determining the Effectiveness of Tri Hita Karana in Character Education for Students on Elementary School of Bali Aga,” Journal of Engineering and Applied Sciences, Vol. 14, No. 8, 2572-2581, 2019.

E. Siswanto, and A.W. Katili, “Implementation of Decision Support System for Campus Promotion Management using Fuzzy Multiple Analytic Decision Making (FMADM) Method (Case Study: Universitas Multimedia Nusantara),” 4th International Conference on New Media Studies, 75-80, 2017.

J. Kittur, “Optimal Generation Evaluation using SAW, WP, AHP and PROMETHEE Multi - Criteria Decision Making Techniques,” 2015 IEEE International Conference on Technological Advancements in Power & Energy, 304-309, 2015.

B.C. Cuong, N.T. Lich, and D.T. Ha, “Combining Fuzzy Set – Simple Additive Weight and Comparing with Grey Relational Analysis for Student’s Competency Assessment in the Industrial 4.0,” 10th International Conference on Knowledge and Systems Engineering (KSE), 294-299, 2018.

Irvanizam, “Multiple Attribute Decision Making with Simple Additive Weighting Approach for Selecting the Scholarship Recipients at Syiah Kuala University,” 2017 International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICELTICs 2017), 245-250, 2017.

T.N. Haryani, dan O.H. Nurcahyono, “Knowledge, Attitude, Practice (KAP) Aparatur Sipil Negara dalam Implementasi Nilai Dasar Pegawai,” Jurnal SAWALA, Vol. 6, No.1, 73-81, 2018.

A. Subekan, dan A. Iskandar. “Pengaruh Pemahaman Nilai Dasar ‘ANEKA’ Terhadap Pembentukan Sikap Peserta Latsar CPNS Pada Balai Diklat Keuangan Malang,” Jurnal Pendidikan, Vol. 20, No. 2, 91-110, 2019.

H. Perbowosari, “The Local Wisdom Value of Mandhasiya Tradition (Study of Hindu Education),” Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, Vol. 3, No. 1, 1-12, 2019.

J. Ishwari, S. Wahyuni, I. Heruwasto, A.W. Widjaja, and E.N. Kencana, “Do Local Values Affect Performances? The Study of Tri Hita Karana Culture on Hotel Performance in Bali,” 12th International Conference on Business and Management Research (ICBMR 2018), 196-203, 2018.

A. Puspayanti, “Evaluasi Pembelajaran Diklat Menggunakan Model Countenance Stake,” Andragogi Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Vol.6, No.1, 143-167, 2018.

S. Mania, dan Hasaruddin, “Evaluasi Pelaksanaan Program Character Building Training di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar,” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, Vol. 2, No. 1, 1-20, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v6i2.38557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.