Implementasi Algoritma Fuzzy C-Means Clustering Sistem Crowdfunding pada Sektor Industri Kreatif Berbasis Web

Wawan Gunawan, Bagus Seno Prasetyo Diwiryo

Abstract


Perkembangan teknologi setiap tahun semakin maju sehingga memiliki dampak terhadap kemudahan terhadap sektor industri kreatif. Dengan berkembangnya teknologi ini, memberi kemudahan untuk menggalang dana pada sektor industri kreatif berupa sebuah sistem crowdfunding. Pengimplementasian crowdfunding pada sektor industri kreatif dapat dijadikan sebagai alternatif penggalangan sumber pendanaan untuk anak anak negeri. Maka dari itu, dibangun aplikasi berbasis web untuk memudahkan pengguna dalam melakukan penggalangan dana ataupun memberikan dana. Pada penelitian ini, peneliti dapat menggunakan data yang terkumpul pada aplikasi crowdfunding ini menjadi suatu informasi yang dapat dimanfaatkan. Salah satu informasi yang dapat diperoleh adalah kampanye project yang mendapatkan pendanaan terbanyak, terkecil dan belum didanai. Untuk mengetahui hal tersebut, maka dirancang suatu sistem aplikasi crowdfunding berbasis web dengan mengimplementasikan metode fuzzy c-means clustering sebagai metode untuk mengelola datadata yang telah terkumpul. Pengujian sistem pada hasil akhir sistem menggunakan metode fuzzy c-means clustering dengan menggunakan 13 contoh kasus uji, menunjukkan bahwa hasil perhitungan metode ini didapatkan output berupa 3 kriteria yaitu terbanyak 23,1% kampanye project, terkecil 38,5% kampanye project, dan belum didanai 38,5% kampanye project. Berdasarkan hasil analisa ini, algoritma fuzzy c-means clustering bekerja dengan sangat baik untuk mengetahui kampanye project mana saja yang dapat dikembangkan.


Keywords


Crowdfunding; Fuzzy C-Means Clustering; Industri Kreatif; Donation

Full Text:

PDF

References


Rivani, M. Rizal, and R. S. Darwis, “ANALISIS KARAKTERISTIK PEMBIAYAAN UNTUK INDUSTRI KREATIF DI KOTA BANDUNG,” Cybrarians J., vol. 4, no. 37, pp. 1–31, 2015.

A. N. Rahmi, “Perkembangan industri ekonomi kreatif dan pengaruhnya terhadap perekonomian di indonesia,” Semin. Nas. Sist. Inf., pp. 1386–1395, 2018.

I. H. Serfiyani and C. Yustisia, “Perlindungan Hukum Sistem Donation Based Crowdfunding Pada Pendanaan Industri Kreatif Di Indonesia,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

T. E. Brown, E. Boon, and L. F. Pitt, “Seeking funding in order to sell: Crowdfunding as a marketing tool,” Bus. Horiz., vol. 60, no. 2, pp. 189–195, 2017.

F. Ferreira and L. Pereira, “Success factors in a reward and equity Equity Based Crowdfunding Campaign,” 2018 IEEE Int. Conf. Eng. Technol. Innov., pp. 1–8, 2018.

Y. Chen and B. Liu, “The optimal pricing strategy of the reward-based crowdfunding product facing strategic consumers,” 2017 IEEE Int. Conf. Grey Syst. Intell. Serv. GSIS 2017, no. 2013, pp. 379–384, 2017.

S. Rudiarto, “IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING PADA APLIKASI PENCARI PELANGGAN POTENSIAL PADA RESTORAN XYZ,” vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2018.

R. Rismanto, I. Fahrur Rozi, and A. Prasetyo, “Implementasi Fuzzy C-Means Untuk Prediksi Perilaku Mahasiswa Berdasarkan Jumlah Ketidakhadiran,” SMARTICS J., vol. 3, no. 2, pp. 39–45, 2017.

W. Sanusi, A. Zaky, and N. Afni, “Analisis Fuzzy C-Means dan Penerapannya Dalam Pengelompokan Kabupaten / Kota di Provinsi Sulawesi Selatan Berdasarkan Faktor- faktor Penyebab Gizi Buruk,” J. Math. Comput. Stat., vol. 2, no. 1, pp. 47–54, 2018.

D. L. Rahakbauw, V. Y. I. Ilwaru, and M. H. Hahury, “Implementasi Fuzzy C-Means Clustering Dalam Penentuan Beasiswa,” BAREKENG J. Ilmu Mat. dan Terap., vol. 11, no. 1, pp. 1–12, 2017.

M. S. Bathin and D. Ramayanti, “SOBATHUNI : Aplikasi Rumah Sewa Berbasis Web,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 2, p. 183, 2019.

W. Erawati, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dengan Pendekatan Metode Waterfall,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 1, p. 1, 2019.

D. S. Maylawati, W. Darmalaksana, and M. A. Ramdhani, “Systematic Design of Expert System Using Unified Modelling Language,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 288, no. 1, 2018.

Y. Peng, “Overview of Object-Oriented System Development Method and UML Modeling Language,” no. Iciss, pp. 27–33, 2019.

R. Fauzan, D. Siahaan, S. Rochimah, and E. Triandini, “Use case diagram similarity measurement: A new approach,” Proc. 2019 Int. Conf. Inf. Commun. Technol. Syst. ICTS 2019, pp. 3–7, 2019.

F. T. Wulandari, “Pemodelan Basis Data Akademik Universitas Xyz Menggunakan Pendekatan Objek,” JITU J. Inform. Technol. Commun., vol. 3, no. 1, pp. 52–57, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v6i2.38018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.