Pengukuran Kesuksesan Implementasi E-Learning dengan Metode TAM dan UTAUT

Ockhy Jey Fhiter Wassalam, Rusydi Umar, Anton Yudhana

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat penerimaan kesuksesan dalam penggunaan sistem e-learning pada Universitas Janabadra Yogyakarta menggunakan metode TAM dan UTAUT. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan mengunakan kuesioner yang disebar kepada 30 responden yaitu mahasiswa/i Fakultas Ekonomi di Universitas Janabadra Yogyakarta. Data yang diperoleh dihitung dalam bentuk kuantitatif analisis interval menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat pengukuran kesuksesan dalam penggunaan sistem e-learning secara keseluruhan dengan persentase sebesar 68,03%. Dari persentase ini dapat disimpulkan bahwa sistem e-learning sudah dapat diterima dan sudah digunakan oleh responden yaitu mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra Yogyakarta. Berdasarkan hasil perbandingan kesuksesan analisis data dengan menggunakan metode TAM persentase sebesar 66,75%, dengan menggunakan metode UTAUT persentase sebesar 69,66%.


Keywords


Kesuksesan; Pengukuran; E-learning; TAM; UTAUT

Full Text:

PDF

References


M. Prof.dr. Soliyanto, SE, “Metode Penelitian Kuantitatif,” pp. 1–39, 2017.

S. Anshori, “Strategi pembelajaran di era digital (tantangan profesionalisme guru di era digital),” Artikel, vol. Strategi P, no. Strategi Pemilihan Media Pembelajaran Bagi Seorang Guru, pp. 194–202, 2016.

N. S. Hanum, “Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto),” J. Pendidik. Vokasi, vol. 3, no. 1, pp. 90–102, 2013.

H. Pamugar, W. W. Winarno, and W. Najib, “Model Evaluasi Kesuksesan dan Penerimaan Sistem Informasi E-Learning pada Lembaga Diklat Pemerintah,” Sci. J. Informatics, vol. 1, no. 1, pp. 13–27, 2014.

I. Mutia and L. Leonard, “Kajian penerapan e-learning dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi,” Fakt. Exacta, vol. 6, no. 4, pp. 278–289, 2013.

K. M. R. Alditra, A. Yudhana, and R. Umar, “Membangun Rancangan Sistem Informasi Menggunakan Berbasis Web Mobile ( Studi Kasus : Toko Kgs Rizky Motor ),” Semin. Nas. Inform., vol. 2018, no. semnasIF, pp. 92–95, 2018.

M. T. Informatika, U. Ahmad, and D. Yogyakarta, “Analisis kepuasan pengguna sistem informasi E-Government menggunakan metode WEBQUAL 4.0,” vol. 3, no. 2, pp. 127–135, 2019.

R. Umar and Yudhana, “Desain Antar Muka Sistem e-Learning Berbasis Web,” Query, vol. 5341, no. April, pp. 33–40, 2018.

D. Nugraheni, M. C. Saputra, and A. D. Herlambang, “Analisis Penerimaan dan Kesuksesan Implementasi E-Learning Universitas Brawijaya Pada Aspek Intention To Use , Use , User Satisfaction dan Net Benefits,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 5, pp. 1921–1931, 2017.

M. Jundullah, R. Umar, and A. Yudhana, “Analisis Penerimaan Sistem E-Learning Smk Negeri 4 Kota Sorong Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model ( TAM ),” Semin. Nas. Teknol. Fak. Tek. Univ. Krisnadwipayana, pp. 724–729, 2019.

N. Miyono, “Analisis E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Modelling,” J. Transform., vol. 11, no. 1, p. 39, 2013.

A. H. Mirza and D. Andrini, “Penerapan Metode Tam ( Technology Acceptance Model ) Terhadap E-Tracer Alumni Universitas Bina Darma,” pp. 13–16, 2014.

M. Ismarmiaty, “Analisis Model Penerimaan Dan Penggunaan Sistem Informasi Website Padamu Negeri Oleh Pengguna Menggunakan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (Utaut),” J. Matrik, vol. 16, no. 1, p. 77, 2017.

I. G. N. Sedana and S. W. Wijaya, “Penerapan Model Utaut Untuk Memahami Penerimaan Dan Penggunaan Learning Management System Studi Kasus: Experential E-Learning of Sanata Dharma University,” J. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, p. 114, 2012.

L. Thoifah, “statistik pendidikan dan metode penelitian kuantitatif,” Malang : Madani, 2015.

. prof.dr.suliyanto, SE, MM, “metode penelitian kuantitatif,” pp. 1–20, 2017.

E. Rimawati and W. L. Y. Saptomo, “Analisis Diskriptif Technologi Acceptance Model pada Penerapan Blended Learning,” J. Ilm. SINUS, vol. 17, no. 2, p. 51, 2019.

E. Setiawan, D. Antoni, and A. H. Mirza, “Analisis Penerimaan Sistem Ujian Online Berbayar Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam) Dan Webqual,” J. Bina Komput., vol. 1, no. 1, pp. 61–72, 2019.

M. ariandi Fatmasari, “MANFAAT FASILITAS KRS ONLINE DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL ( TAM ),” pp. 1–7, 2014.

R. A. Faoziah and J. Sembiring, “PENGARUH IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN E-LEARNING ( STUDI KASUS FAKULTAS INFORMATIKA DAN FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI ) EFFECT OF IMPLEMENTATION OF E-LEARNING LEARNING SYSTEM TO SATISFACTION OF UNIVERSITY STUDENTS TELKOM ( CASE STUDY FACULTY OF INFORMATI,” vol. 4, no. 3, pp. 2547–2554, 2017.

A. Anggoro and Arisantoso, “ANALISIS PERILAKU DARI PENERAPAN E-LEARNING SECARA TIDAK PENUH Program Studi Teknik Informatika , Fakultas Teknik , Universitas Islam Attahiriyah Assrie Anggoro , Analisis Perilaku Dari Penerapan E-Learning …,” vol. 5, no. 1, 2018.

R. D. Mahande and Jasruddin, “UTAUT Model : Suatu Pendekatan Evaluasi Penerimaan E-Learning pada Program Pascasarjana,” 2016.

A. A. Rahman, “Penerapan model UNIFIED THEORY OF ACEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT),” pp. 7–15, 2016.

Fatmasari, “Evaluasi penerapan frofast menggunakan model utaut,” J. FK UMP, vol. 1, no. 1, pp. 36–41, 2018.

W. Budiaji, “Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale),” Ilmu Pertan. dan Perikan., vol. 2, no. 2, pp. 127–133, 2013.

M. I. Ukkas, H. Ekawati, and T. Riandi, “Skala Likert Dalam Seleksi Karyawan Baru Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Web ( Studi Kasus : Pt Telkom Akses Area Samarinda ),” Sebatik, vol. 22, no. 2, pp. 211–218, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v6i1.37938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.