Uji Keberhasilan Implementasi Master Plan Teknologi Informasi dan Manajemen BDPJN Menggunakan Metode DeLone dan McLean

Agnes Sondita Payani, Gusti Darma Yudha, Siti Desty Wahyuningsih, Novranza Kannia, Diyoga Silavani Kusapy, Dumaria Simanjuntak, Yurisce Widya Bakaru, Sonia Simanullang

Abstract


Dalam perjalanan operasional data penginderaan jauh di Pustekdata, LAPAN mengoperasikan Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN) yang gunanya untuk memfasilitasi kebutuhan data penginderaan jauh nasional. Pada tahun 2011, Pustekdata menyusun Master Plan dan Blue Print Teknologi Informasi (TI) BDPJN tahun 2012-2016 dan Master Plan Manajemen BDPJN. BDPJN memiliki target yang tertuang pada Master Plan TI dan Manajemen BDPJN. Diperlukan suatu kajian untuk mengevaluasi apakah kegiatan yang telah dioperasionalkan hingga saat ini sudah menyesuaikan dengan implementasi dari Master Plan yang telah dibangun. Target-target yang tercantum pada Master Plan TI dan Manajemen BDPJN dapat dijadikan parameter untuk mengukur keberhasilan implementasi Master Plan TI dan Manajemen BDPJN yang telah dioperasionalkan hingga saat ini. Metode DeLone dan McLean digunakan untuk mengukur keberhasilan implementasi Master Plan TI dan Manajemen BDPJN. Koefisien korelasi yang dihasilkan dari pengujian menggunakan metode DeLone dan McLean menunjukkan bahwa kepuasan pengguna sangat berpengaruh pada kesuksesan implementasi masterplan BDPJN diikuti dengan meningkatnya kualitas sistem, kualitas layanan, dan kualitas informasi yang juga ikut mempengaruhinya. Selain itu, meningkatnya kepuasan pengguna maka akan berdampak pada manfaat-manfaat yang diberikan oleh sistem BDPJN sehingga dapat membantu meningkatkan dan mempermudah kinerja pegawai.

Keywords


DeLone dan McLean; BDPJN; Master Plan TI; Master Plan Manajemen; Uji Keberhasilan; Implementasi Master Plan

Full Text:

PDF

References


Peraturan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Republik Indonesia No. 8 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Berita Negara Republik Indonesia No. 1573, 2017.

R. W. K. Thomas M. Lillesand, Remote sensing and image interpretation, New York: John Wiley, 1979.

Pustekdata LAPAN, “Laporan Penyusunan Blue Print Sistem Bank Data Penginderaan Jauh Nasional Tahun 2012-2016,” 2011.

R. M. Pramadani and Mudjahidin, “Analisis Keberhasilan E-procurement Pemerintah Kota Surabaya Menggunakan Information System Success Model,” Jurnal Teknik POMITS, vol. 1, no. 1, pp. 1-6, 2013.

P. H. Saputro, A. D. Budiyanto and A. J. Santoso, “Model Delone and Mclean untuk Mengukur Kesuksesan E-Government Kota Pekalongan,” Scientific Journal of Informatics, vol. 2, no. 1, pp. 1-8, Mei 2015.

K. Yuliana, “Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean untuk Evaluasi Sistem Informasi Pos pada PT. Pos Indonesia (Persero) Divisi Regional VI Semarang,” Jurnal Ilmiah Infokam, vol. XII, no. 2, pp. 13-23, 2016.

F. S. Rahayu, R. Apriliyanto and Y. S. P. W. Putro, “Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Kemahasiswaan (SIKMA) dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean,” Indonesian Journal of Information Systems (IJIS), vol. I, no. 1, pp. 34-46, 2018.

L. H. Trihandayani, I. Aknuranda and Y. T. Mursityo, “Penerapan Model Kesuksesan DeLone dan McLean pada Wbsite Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 12, pp. 7074-7082, 2018.

J. M. Hudin and D. Riana, “Kajian Keberhasilan Penggunaan Sistem Informasi Accurate dengan Menggunakan Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean,” Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information System), vol. 12, no. 1, pp. 1-8, 2016.

E. S. Panjaitan, D. T. R. J. Hutabarat, L. V. Hutabarat and D. Arisandy, “Analisis Model Kesuksesan Sistem Informasi Studi Kasus : Penggunaan SAP pada PT Multimas Nabati Asahan,” Jurnal SIFO Mikroskil, vol. 18, no. 1, pp. 1-10, 2017.

R. K. Wiyati and N. L. A. K. Y. Sarja, “Evaluasi Kesuksesan Sistem Informasi Absensi Online Menggunakan Model DeLone McLean,” Jurnal Media Aplikom, vol. 10, no. 2, pp. 135-157, Desember 2018.

S. Mardiana, J. H. Tjakraatmadja and A. Aprianingsih, “DeLone–McLean Information System Success Model Revisited: The Separation of Intention to Use - Use and the Integration of Technology Acceptance Models,” International Journal of Economics and Financial Issues, vol. 5, pp. 172-182, 2015.

E. R. M. William H. Delone, “The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update,” Journal of Management Information Systems, vol. 19, pp. 9-30, 2003.

H. Halin, “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Semen Baturaja di Palembang pada PT Semen Baturaja (Persero) Tbk,” Jurnal EcoMent Global, vol. 3, no. 2, pp. 167-182, 2018.

Sutriyono, “Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Kepuasan Konsumen Pengujian Sampel Laboratorium Terpadu Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,” Integrated Lab Journal, vol. 4, no. 1, pp. 103-108, 2016.

F. Yusup, “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif,” Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmu Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 17-23, 2018.

I. Fanani, S. P. Djati and K. Silvanita, “Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Studi Kasus RSU UKI),” Fundamental Management Journal, vol. 1, no. 04, pp. 40-53, Februari 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v6i2.37757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.