Analisis Sistem Jalur Terpendek Menggunakan Algoritma Djikstra dan Evaluasi Usability

Yulvia Nora Marlim, Deny Jollyta, Fandri Saputra

Abstract


Tingginya motivasi masyarakat pengguna kendaraan roda empat pribadi, menyebabkan semakin meningkat pula kebutuhan terhadap bengkel mobil. Usaha bengkel ini tumbuh dan berkembang pada titik-titik strategis hamper di semua kota-kotabesar di Indonesia. seperti Pekanbaru yang memiliki luas ± 632.26 km2 . Akibatnya timbul kesulitan dalam mengetahui letak/ alamat bengkel yang hendak dituju secara cepat dari posisi terdekat. Penelitian ini bertujuan utuk menentukan jalur terpendek menuju lokasi bengkel mobil menggunakan algoritma Djikstra melalui aplikasi berbasis web. Hal ini dapat mempermudah masyarakat ketika mengalami kerusakan mobil dimanapun. Algoritma Djikstra bekerja menggunakan graph dengan prinsip greedy yaitu mencari nilai minimum setiap simpul yang dilalui dengan teknik penelusuran mengunakan Best Fisrt Search (BFS). BFS yaitu dengan menelusuri simpul yang tertinggi (awal) kemudian penelusuran ke simpul dibawahnya. Aplikasi selanjutnya diuji dengan evaluasi usability. 5 komponen usability yang digunakan adalah learnability, effesiency, memorability, error, dan saticfaction yang disusun menggunakan kuisoner. Respondennya terdiri dari masyarakat umum yang dipilih secara acak yang terdiri dari 30 responden. Uji usability menggunakan skala likert yang terdiri dari 14 pertanyaan, dengan teknik perhitunggan menggunakan rata-rata sederhana.  Hasil dari pengujian menunjukan bahwa nilai usability dari aplikasi jalur terpendek adalah 78,5%, hal ini menujukan bahwa aplikasi jalur terpendek bernilai baik. Artinya bahwa responden merasa puas dengan adanya aplikasi ini dan terbantu dalam menentukan bengkel terdekat.


Keywords


Jalur Terpendek; Algoritma Djikstra; Usability; Best Firsh Search (BFS)

Full Text:

PDF

References


D. Ardana and R. Saputra, “Penerapan Algoritma Dijkstra pada Aplikasi Pencarian Rute Bus Trans Semarang,” no. Snik, pp. 299–306, 2016.

D. A. Syamsuddin, muhammad yusuf, Musliman Hanifah A, Harnoni, “Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Menemukan Jarak Terdekat Dari Lokasi Pengguna Ke Tanaman Yang Di Tuju Berbasis Android ( Studi Kasus di Kebun Raya Purwodadi ),” vol. 1, no. August, 2017.

D. T. Salaki, “Penentuan Lintasan Terpendek Dari Fmipa Ke Rektorat Dan Fakultas Lain Di Unsrat Manado Menggunakan Algoritma Djikstra,” J. Ilm. Sains, vol. 11, no. 1, p. 73, 2011.

R. A. Eka, yulia windi, Istiadi Dwiretno, “Pencarian SPBU Terdekat dan Penentuan Jarak Terpendek Menggunkan Algoritma Dijkstra (Studi Kasus di Kabupaten Jember),” Nas. Tek. Elektro, vol. 4, no. 1, pp. 89–93, 2015.

D. A. Sudarman, Interaksi Manusia dan Komputer. yogyakarta: Penerbiat Andi, 2007.

B. R. Pudjoatmodjo, “Tes Kegunaan (Usability Testing) Pada Aplikasi Kepegawaian Dengan Menggunakan System Usability Scale (Studi Kasus : Dinas Pertanian Kabupaten Bandung),” 2016, pp. 6–7.

Purwani Istiana, “Evaluasi Usability Situs Web Perpustakaan,” Visi Pustaka, vol. 13, no. 3, pp. 5–10, 2011.

A. Juniansyah, “Aplikasi Penentuan Rute Terpendek Untuk Bagian Pemasaran Produk Roti Surya dengan Metode Best First Search,” vol. 12, no. 1, pp. 31–40, 2016.

R. Apriandi, T. Rismawan, D. M. Midyanti, and J. S. Komputer, “Penerapan Metode Best First Search (BFS) Untuk Pencarian Lokasi SPBU Terdekat Menggunakan Arduino Berbasis Android,” vol. 06, no. 1, pp. 1–11, 2018.

D. Manongga et al., “Sistem Informasi Geografis Untuk Perjalanan Wisata di Kota Semarang,” Informatika, vol. 10, pp. 1–9, 2009.

A. Gusmão and S. H. Pramono, “Sistem Informasi Geografis Pariwisata Berbasis Web Dan Pencarian Jalur Terpendek Dengan Algoritma Dijkstra,” vol. 7, no. 2, pp. 125–130, 2013.

L. J. E. Dewi, “Pencarian Rute Terpendek Tempat Wisata di Bali Dengan Menggunakan Algoritma Dijkstra,” 2010, vol. 2010, no. Snati, pp. 2008–2011.

D. R. Rahadi, “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android,” vol. 6, no. 1, pp. 661–671, 2014.

Y. Nurhadryani, S. K. Sianturi, I. Hermadi, and H. Khotimah, “Pengujian Usability untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile,” J. Ilmu Komput. dan Agri-Informatika, vol. 2, no. 2, p. 83, 2013.

E. Susilo, B. Soedijono WA, and H. Al Fatta, “Evaluasi Aplikasi Mobile SSP (Secure System Of Payment) Menggunakan Prinsip Usability,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2017, vol. 2.6, pp. 7–12, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v6i1.37627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.