Sistem Informasi Jual Beli Rumah dengan Fitur Rekomendasi Harga Menggunakan Logika Fuzzy Tsukamoto

Fritz Raynold Napitupulu, Muhammad Azhar Irwansyah, Heri Priyanto

Abstract


Kota Pontianak memiliki tingkat populasi yang cukup tinggi. Pertambahan penduduk yang terjadi baik secara alamiah maupun melalui proses perpindahan penduduk menyebabkan peningkatan pada kebutuhan rumah tinggal. Kemajuan teknologi yang sekarang semakin pesat terutama smartphone dan internet mendukung adanya pemetaan digital yang dapat diimplementasikan pada sistem berbasis website. Oleh karena itu, maka dibutuhkan sebuah sistem informasi penjualan dan pembelian rumah di Kota Pontianak. Sistem ini dapat mempermudah masyarakat dalam mengetahui lokasi rumah serta informasi rumah tersebut dan memberikan rekomendasi dalam menetapkan harga jual dari sebuah rumah dengan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto. Perancangan sistem dimulai dengan melakukan pengumpulan data rumah. Perancangan sistem informasi berbasis website menggunakan metode Unified Modelling Language (UML). Pada hasil pengujian black box semua aktivitas dapat berjalan lancar dan memiliki pesan kesalahan jika data yang di-input-kan kosong atau salah. Pengujian white box menunjukkan bahwa source code logika Fuzzy Tsukamoto sudah menjalankan seluruh keputusan logika dari sisi benar maupun salah dan hasil pengujian Mean Absolute Percentage error (MAPE) berdasarkan data developer rumah menghasilkan tingkat persentase penyimpangan sebesar 21,44% dan berdasarkan data Bank menghasilkan tingkat persentase penyimpangan sebesar 5,68%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat rekomendasi harga jual rumah yang telah dilakukan pada 10 data rumah menggunakan metode Fuzzy Fsukamoto memiliki kinerja yang sangat baik.


Keywords


Kota Pontianak; rumah; Fuzzy Tsukamoto; black box; white box; Mean Absolute Percentage Error

Full Text:

PDF

References


Frick, Heinz & Mulyani, Tri Hesti, Arsitektur Ekologis. seri eko-arsitektur 2. Yogyakarta: Kanisius, 2006.

L. Rambat & A. Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat, 2006.

F.K. Alexander Sibero, Web programming power pack.MediaKom, Yogyakarta, 2013.

Synaptic, Fuzzy Math, Part I, The Theory. http://www.scholarpedia.org/article/Fuzzy_logic, 2005

Kusumadewi & Sri, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

Sustina, Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003.

H. Ali, Marketing, Yogyakarta : MedPress (Anggota IKAPI), 2009.

K. Andri, Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya Gava Media, Yogyakarta, 2008.

K. Abdul, Pengenalan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta, 2003.

Sutabri dan Tata, Sistem Informasi Manajemen. Jakarta, 2005.

S. Kusumadewi, & H. Purnomo, Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2004.

Wireless LAN Medium Access Control (MAC) and Physical Layer (PHY) Specification, IEEE Std. 802.11, 1997.

S. Kusumadewi, et al, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Graha Ilmu. Yogyakarta, 2006.

Abdurrahman & Ginanjar, Penerapan Metode Tsukamoto (Logika Fuzzy) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Jumlah Produksi Barang Berdasarkan Data Persediaan dan Jumlah Permintaan. Skripsi: Program Studi Matematika Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas, 2011.

S. Kusumadewi, Sri dan Hartati, Neuro Fuzzy-Integrasi Sistem Fuzzy dan Jaringan Syaraf. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v5i3.33441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.