Sistem Informasi Evaluasi Kualitas Kinerja Dosen dalam menentukan Key Performance Indicator
Abstract
Kontrol dan evaluasi merupakan fungsi yang penting dalam manajemen untuk memastikan rencana kerja organisasi bisa berjalan dengan baik sehingga akhir organisasi bisa tercapai. Untuk bisa melakukan fungsi kontrol dan evaluasi dengan baik dibutuhkan sistem informasi manajemen kinerja yang baik. Sistem manajemen kinerja yang baik harus bisa menggambarkan proses bisnis yang terjadi dalam organisasi secara keseluruhan. Sistem informasi evaluasi kinerja dosen dibangun dengan memuat ukuran-ukuran Key Performance Indicator (KPI) dari sebuah model kinerja dosen yang dikembangkan dalam bentuk kuesioner secara online dan tersistem. Dashboard model dapat mengintegrasikan data dari berbagai sumber disetiap unit, dimana mereka dapat mengelola data dan menyajikan dalam bentuk laporan informasi yang berkualitas. Hasil penelitian menunjukkan evaluasi kinerja dosen berdasarkan nilai KPI sebesar 0.616 dengan kategori penilaian baik berkisar antara 0.6 sampai 0.8, dapat dijadikan referensi sebuah model evaluasi kinerja dosen yang digambarkan dalam bentuk model dashboard untuk memberikan evaluasi terhadap mutu proses pembelajaran yang dilakukan oleh dosen dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Eckersone, W.W., 2006, “Performance Dashboards: Measuring, Monitoring and Managing Your Business”, John Wiley & Sons, Inc.; Hoboken, New Jersey.
Sallam, R.L., 2011, “BI Platform Users Survey, 2011: Customers Rate their BI Platform Functionality”.
Malik,S. 2005, “Enterprise Dashboards: Design and Best Practices for IT. Hoboken”, John Wiley & Sons, Inc.
Wajong, A.M.R., 2015 , "Applying Performance Dashboard in Hospitals", International Journal Of Software Engineering and Its Applications, Vol.9, No.1,pp 213-220.
Supriyono, Heru., Ardhiyatama Nur Saputra., dan Endah Sudarmilah. 2014. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android. Jurnal Informatika, Vol. 8, No.2, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
[6] Robbins, S.P., Odendaal, A., & Roodt, G., 2007. Organisational Behaviour – Global and South African Perspective. South Africa: Pearson Education.
Islam, A., dan Tjusi, K., 2011, Evaluation of Usage of University Websites in Bangladesh. Journal of Library & Information Technology 31 (6), 469-479.
Chiew, K.T., dan Salim, S.S., 2003, WEBUSE: Website Usability Evaluation Tool. Malaysian Journal of Computer Science, (16) 1, pp. 47-57.
Laitinen, Yigitbasioglu., 2012,"The Use of Dashboards in Performance Management: Evidence from Sales Managers", The International Journal of Digital Accounting Research, vol 12, pp.39-58, ISSN: 1577-8517.
Molefe,N.Gabedi, 2010,"Performance measurement dimensions for lecturers at selected universities: An international perspective",SA Journal of Human Resource Management, vol.8 No.1.
Gallestey, E., Castagnoli, D., & ColbertMartin, J.C. (2004), New Levels of Performance for the Cement Industry, ABB Review 7.
Sterman, J. D. (2000), Business Dynamics: System Thinking and Modeling for a Complex World, Irwin McGraw-Hill, USA.
Hazelkorn, E. (2015). Rankings and the reshaping of higher education: The battle for world-class excellence. Basingstoke, UK: Palgrave Macmillan.
Hilman, H., Abubakar, A. (2017). Strategic talent management and university performance: A theoretical perspective. European Journal of Business and Management, 9(4), 35-40.
Asif, M., Searcy, C. (2014). A composite index for measuring performance in higher education institutions. International Journal of Quality & Reliability Management, 31, 983-1001.
Abubakar, A., Ahmed, S. (2017). The effect of a transformational leadership style on the performance of universities in Nigeria. Pakistan Journal of Educational Research and Evaluation, 2, 59-76.
Bentaleb, F., Mabrouki, C. and Semma, A., 2015, “Key Performance Indicators Evaluation and Performance Measurement in Dry Port-Seaport Systemand58; A Multi Criteria Approach,” Journal of ETA Maritime Science, 3(2), pp. 97-116.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v5i2.29649
Refbacks
- There are currently no refbacks.