Analisis Profil Tpack Guru TIK SMA di Kecamatan Pontianak Kota

Vindo Feladi, Henny Puspitasari

Abstract


Penelitian ini mengenai pemahaman tentang kompetensi memadukan teknologi, cara mengajar atau pedagogic, dan materi ajar yang harus dimiliki seorang guru terutama dalam mengajarkan materi TIK.  Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan cara mengumpulkan, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan yang diperoleh melalui wawancara. Pengumpulan dan penyusunan data melalui wawancara ini dilakukan dengan menggunakan interactive model. Teknik penentuan sampel menggunakan sampling jenuh. Penelitian ini dilakukan pada guru TIK di SMA Pontianak Kota dengan jumlah sampel 3 orang. Adapun simpulan hasil data kualitatif melalui pengumpulan data wawancara tiap responden adalah guru mengintegrasikan teknologi, pedagogi dan materi dengan cukup baik. Didalam proses pembelajaran guru selalu memikirkan pembelajaran yang efektif dengan menggunakan fasilitas seperti komputer, proyektor dan internet di integrasikan menggunakan model pembelajaran yang cukup bervariasi yang disesuaikan dengan materi.

Full Text:

PDF

References


Shulman. Knowledge and Teaching: Foundations Of The New Reform. Harvard Educational Review. 57 (1). 1987. pp 1 – 22

Suryawati, E., Firdaus, L.N., & Yosua, H. Analisis Keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) Guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Biogenesis. Vol.11. No.1. 2014.pp 67-72.

Loughran. Pedagogy Making Sense of the Complex Relationship Between Teaching And Learning. Curriculum Inquiry vol. 43. No.1. 2013

Sagala, Syaiful. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta. 2009

Mishra, P., & Koehler, M. J. Technological Pedagogical Content Knowledge: A new framework for teacher knowledge. Teachers College Record 108 (6), 1017-1054. 2006

Sutrisno. Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada. 2011

Sholihah, M., Yuliati, L., & Wartono. PERANAN TPACK TERHADAP KEMAMPUAN CALON GURU FISIKA DALAM PEMBELAJARAN POST-PACK. Jurnal Pendidikan: Teori, Enelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 144–153. 2016

Suci Lestari. Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada Guru Biologi SMA dalam Materi Sistem Saraf. Prosiding. pp 557-564. 2016

Yeni Rahmadhani, Adi Rahmat dan Widi Purwianingsih. Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam Pembelajaran Biologi SMA di Kota Cimahi. Jurnal Edukasi. Vol 7. No 17. 2016

Maryono. Profil pedagogical content knowledge (pck) mahasiswa calon guru matematika ditinjau dari kemampuan akademiknya. Jurnal Riview Pembelajaran Matematika. Vol 1. No.16. 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v4i2.29616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.