Impelementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak

Rohmat Indra Borman, Yogi Purwanto

Abstract


Media pembelajaran seperti game edukasi merupakan permaianan dalam bentuk digital yang dirancang untuk membantu pengguna dalam mempelajari sesuatu sehingga dapat meningkatkan pemahaman pengguna dalam melatih kemampuan dan motivasi belajar. Sampah merupakan masalah  yang  belum  bisa  diselesaikan  karena  masih  kurangnya  kesadaran akan cinta lingkungan dari masyarakat khususnya anak usia dini. Untuk mempermudah anak mencerna dan menumbuhkan rasa cinta lingkungan, dibutuhkan media yang interaktif dan menarik. Game edukasi pengenalan bahaya sampah memberikan materi bahaya dan praktik membuang sampah kepada anak-anak dengan model game berbasis multimedia. Untuk mengembangkan game edukasi pada penelitian ini menerapkan metode pengembangan sistem Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MDLC terdiri dari enam tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan ditribution. Pada game edukasi ini terdiri dari beberap level tingkat kesulitan. Hal ini bertujuan agar game lebih menarik dan menantang, sehingga tujuan game menumbuhkan kesadaran terhadap anak-anak dapat tercapai. Hasil pengujian berdasarkan tanggapan guru Taman Kanak-kanak (TK) menunujukan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 87,18% dan termasuk dalam kategori Baik.

Keywords


bahaya sampah; game edukasi; multimedia; mdlc

Full Text:

PDF

References


P. Purwaningrum, "Upaya Mengurangi Timulan Sampah Plastik di Lingkungan," JTL, vol. 8, no. 2, pp. 141-147, 2016.

R. P. Hermoyo, "Membentuk Komunikasi Yang Efektif Pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini," Jurnal Pedagogi, vol. 1, no. 1, 2014.

D. Hurd and E. Jennings, Standardized Educational Games Ratings: Suggested Criteria.: Spring.

R. Mauludin, A. S. Sukamto, and H. Muhardi, "Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi," Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), vol. 3, no. 2, pp. 117-123, 2017.

Luther, Authoring Interactive Multimedia. Boston: AP Profesional, 1994.

M. D. Husni, S. Permana, and Muslihudin, "Implementasi Model Luther Pada Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Tata Surya Berbasis Android," Jurnal VOI, vol. 5, no. 2, pp. 79-90, 2016.

M. Ridwan and P. Prasetyawan, "Rancang Bangun Aplikasi Permainan Adventure Of Frunimal Untuk Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Android," SIMETRIS, vol. 8, no. 2, pp. 763-772, 2017.

R. I. Borman and A., “PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN”, 05-Apr-2018. [Online]. Available: osf.io/preprints/inarxiv/mwvf3.

R. I. Borman and E. Idayanti, "Pengembangan Game Edukasi Untuk Anak Taman Kanak-Kanak (TK) Dengan Implementasi Model Pembelajaran Visualitation Auditory Kinestethic (VAK)," JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 03, no. 01, pp. 8-16, 2018.

H. A. Soetopo, Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

I. Kautsar, R.I. Borman, and A. Sulistyawati, "Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Bagi Penyandang Tuna Rungu Berbasis Android Dengan Metode BISINDO," Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 2015.

A. Zulkarnais, P. Prasetyawan, and A. Sucipto, "Game Edukasi Pengenalan Cerita Rakyat Lampung Pada Platform Android," Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol. 3, no. 1, pp. 96-102, 2018.

I. Haditaman, C. Slamet, and D. F. Rahman, "Implementasi Algoritma Fisher-Yates Dan Fuzzy Tsukamoto Dalam Game Kuis Tebak Nada Sunda Berbasis Android," JOIN, vol. I, no. 1, pp. 51-58, Juni 2016.

I. Binanto, Multimedia Digital - Dasar Dan Teori + Pengmbanganya. Yogyakarta: ANDI, 2010.

R. A. Rahman and D. Tresnawati, "Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia," Jurnal Algoritma, vol. 13, no. 1, pp. 184-190, 2016.

S. Nurajizah, "Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Lagu Anak Anak Berbasis Multimedia," Jurnal PROSISKO, vol. 3, no. 2, pp. 14-19, 2016.

M. Aminudin and P. Prasetyawan, "Pengenalan Fasilitas Perguruan Tinggi Teknokrat Menggunakan Panorama 360 Berbasis Android," Jurnal TEKNOINFO, vol. 11, no. 1, pp. 1-5, 2017.

R. I. Borman and A. S. Putra, "Game Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Anak Autis Dengan Penerpan Pendekatan Edukasi Multisensori," in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2018, Yogyakarta, 2018.

H. Haryanto and R. Lakoro, "Game Edukasi “Evakuator” Bergenre Puzzle Dengan Gameplay Berbasis Klasifikasi Sebagai Sarana Pendidikan Dalam Mitigasi Bencana," Techno.COM, vol. 11, no. 1, pp. 47-54, 2012.

R. D. Duke, "Origin and evolution of policy simulation: a personal journey.," Simulation and Gaming Journal, vol. 42, no. 3, pp. 342-358, 2011.

R. H. Creighton, Unity 3D Game Development by Example. Birmingham: Packt Publishing, 2010.

Munir, Pembelajaran Jarak Jauh: Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta, 2009.

S. Arikunto, Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v5i2.25997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Oktrik
Creative Commons License
This work is licensed under aCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats