Aplikasi Pengolah Data Pada LPK (Lembaga Pelatihan Kursus) Sheza Komputer Pontianak

Vindo Feladi, Chandra Lesmana

Abstract


Lembaga pelatihan kursus membutuhkan suatu sistem berbasis teknologi informasi untuk membantu  melancarkan  proses kerja yang ada berupa aplikasi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang aplikasi pengolah data pada LPK Sheza Komputer Pontianak, agar dapat memudahkan, mempercepat dan melancarkan kegiatan yang ada, dalam hal ini berkaitan dengan kursus komputer yang dilakukan oleh peserta kursus. Objek  dalam penelitian  ini di  LPK Sheza Komputer yang beralamat di jalan Sulawesi, Gang Haji Sarah  No. 29C Pontianak Kalimantan Barat. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, obervasi dan studi pustaka. Dalam analisis sistem akan dibahas adalah dalam bentuk analisis terstruktur, yang terdiri dari bagan alir dokumen (flowmap), diagram konteks, dan Data Flow Diagram (DFD). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sistem informasi kursus komputer pada LPK Sheza Komputer yakni Flow of Document (FOD), diagram konteks,  Data  Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), Normalisasi dan Relasi Tabel. Karena masih menggunakan sistem manual, maka pencatatan, pengumpulan dan penyimpanan data menjadi tidak efisien serta keamanan data kurang terjamin. Dengan menggunakan sistem ini diharapkan proses registrasi dan penjadwalan kursus akan memakan waktu yang singkat dibandingkan dengan menggunakan sistem manual. Aplikasi pengolah data Lembaga Kursus Komputer diharapkan akan terhindar dari kesalahan kerangkapan data dan juga kehilangan data. Terhindar dari tumpukan catatan, karena dengan menggunakan sistem terkomputerisasi maka data akan tersimpan otomatis.

 

Kata kunci— analisis, perancangan, komputerisasi


Full Text:

PDF

References


Jogiyanto, H, Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset, 2005

Susanto, A. Sistem Informasi Manajemen, Bandung: Linga Jaya, 2004

Kristanto, A, Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media. 2008

Distiana, H dan Indriyani, N, Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Pada Lembaga Kursus English Course Jakarta Menggunakan Metode Waterfall, Jurnal Komputer dan Informatika, vol. 13, no. 2, pp. 209-220, 2011.

Solohin, H.H, Perancangan Perangkat Lunak Sistem Informasi Pada Lembaga Kursus Komputer, Jurnal Teknik ITS, vol. 1, no. 1, pp. 40-46, 2012.

Febrida, N, Sistem Informasi Kursus Komputer Pada Lpk Budiman Semarang, Udinus Reposiroty, 2012.

Susanti, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Bimbingan Belajar Pada Lembaga Bimbingan Belajar Smart Learning Center (SlC) Pangkalpinang Dengan Bahasa Pemrograman Visual Basic 2008, artikel STIMIK ATMA LUHUR PANGKAL PINANG, 2012.

Dapaole, M, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Data Siswa Pada Lembaga Pendidikan Modern English Yogyakarta, Jurnal Teknik ITS, vol. 1, no. 1, pp. 40-46, 2012.

Firantia, A dan Suprihadi, Perancangan Sistem Pengolahan Data Nilai Pada Tempat Kursus Bahasa Asing (Studi Kasus : Kotabahasa Salatiga), Jurnal Komputer dan Informatika, vol. 13, no. 2, pp. 108-120, 2011.

Hartono, S, Perancangan Sistem Informasi Akademik Lembaga Kursus Demi Music Center, Jurnal ComTech, vol. 6, no. 1, pp. 44-54, 2015.

Jannah, W, Rancang Bangun Sistem Informasi Bimbingan Belajar Berbasis Web (Studi Kasus: Lembaga Bimbingan Belajar Tadica), Jurnal Informatika Mulawarman, vol. 10, no. 1, pp. 47-53, 2015.

Usman, dkk, Sistem informasi akademik lembaga kursus komputer PT. Aretanet Indonesia, Jurnal Sistem Informasi STIMIK Antar Bangsa, vol. 4, no. 1, 2015.

Pratama, dkk, Perancangan Sistem Informasi Penggelolaan Lembaga Kursus Des-It Course, Jurnal Kajian Akuntansi, vol. 18, no. 1, 2017.

Ruhamah dan Andika Prakasa, Perancangan Sistem Informasi Akademik pada Lembaga Pendidikan Komputer dan Akuntansi MPS Komputer Palopo, Jurnal Ilmiah d’ComPutarE, vol. 2, no. 1, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v4i1.25545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.