Perancangan Knowledge Management System (KMS) Kurikulum 2013 Menggunakan Model Tiwana dan Zack

Intan Mutia, - Herlinda, - Atikah

Abstract


Penelitian ini secara jangka panjang bertujuan memberikan kontribusi untuk memperkaya penerapan Knowledge Management System (KMS) Kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN). Secara akademis dapat membantu untuk : 1) Menjadi pusat pengelolaan pengetahuan bagi lingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN), 2) Sistem dapat dijadikan sarana untuk menampung/menyimpan, mendiskusikan, memanfaatkan pengetahuan sesuai regulasi institusi, 3) mengoptimalkan pemanfaatan teknologi sistem informasi pada manajemen pengetahuan, demi efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar dengan kurikulum 2013 di lingkungan internal Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN), 4) Membantu memudahkan guru mencari informasi, terutama mengenai ilmu pengetahuan berkenaan dengan mata pelajaran yang diampunya. Lokasi penelitian di Jakarta Selatan dengan subjek penelitian adalah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 34 Pondok Labu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan kerangka kerja model Amrit Tiwana dan pemetaan pengetahuan menggunakan siklus KM model Zack. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dan observasi. Dalam upaya memperoleh data penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan atau absah, maka tahap analisis dan desain penelitian dengan pendekatan berorientasi objek dengan UML, sedangkan desain sistem meliputi perancangan database, arsitektur sistem dan antar muka KMS., Hasil penelitian ini berupa perancangan KMS berkualitas baik dengan fitur utama: input data guru, mata pelajaran, forum diskusi, memuat dan mengunduh berkas, dan pencarian berkas sesuai kurikulum 2013.


Full Text:

PDF

References


Roni Yunis & Kristian Telaumbanua, “Pengembangan E-Learning berbasiskan LMS untuk Sekolah, Studi Kasus SMA/SMK di Sumatera Utara”, JNTETI, Vol. 6, No. 1, hal 32-36, Februari 2017.

Widyastono, Herry, “Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013”, Jakarta, Bumi Aksara, 2014.

Anderson, R., & Mansingh, G. Towards a Comprehensive Process Model for Transitioning MIS to KMS. International Journal of Knowledge Management (IJKM), 12(1), hal 1-17. 2016.

Aslam, M. H., Siddiqi, A. F., Shahzad, K., & Bajwa, S. U. “Predicting Student Academic Performance: Role of Knowledge Sharing and Outcome Expectations”. International Journal of Knowledge Management (IJKM), 10(3), hal 18-35. 2014.

Tiwana, Amrit. "The knowledge management toolkit." Prantice hall 2000.

Zack, Michael H. Developing a Knowledge Strategy. California Management Review, Vol. 41, No. 3, Spring, hal. 125-145. 1999

Litosseliti, L, “Using Focus Group Discussion in Research”, Continuum London, 2003.

Tobing, Paul. L, “Knowledge Management Konsep, Arsitektur, dan. Implementasi”, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2007

Ismantohadi, E., Nugroho, L. E., Kusumawardani, S. S., “Prototipe Sistem E-Learning dengan Pendekatan Gaya Belajar VARK (Kasus: Politeknik Indramayu)”. JNTETI, Vol. 4, No. 3, Agustus 2015

Dennis, Alan, at.al., “Systems Analysis and Design with UML – 3rd Edition”, John Wiley & Sons, Inc, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v3i2.22686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Oktrik
Creative Commons License
This work is licensed under aCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats