Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi

Rizqi Mauludin, Anggi Srimurdianti Sukamto, Hafiz Muhardi

Abstract


Perkembangan teknologi informasi di bidang pendidikan, salah satunya adalah teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran multimedia termasuk media pembelajaran sistem pencernaan manusia. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran tentang sistem pencernaan manusia masih melalui media-media konvensional seperti papan tulis dan gambar - gambar yang terdapat di buku biologi. Sementara materi tentang sistem pencernaan manusia sangat sulit untuk dilihat langsung secara langsung karena sebagian besar berada didalam tubuh. Kelebihan dari Augmented Reality adalah tampilan visual yang menarik, karena dapat menampilkan objek 3D beserta animasinya yang seakan-akan ada pada lingkungan nyata dan disandingkan dengan informasi tentang objek 3D  yang berupa suara, diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran untuk mengenalkan sistem pencernaan pada manusia yang mampu membuat pengguna tertarik mempelajarinya. Pada penelitian ini digunakan Game Engine UNITY untuk membangun aplikasi berbasis Android serta Vuforia SDK agar aplikasi yang dibangun dapat menjadi aplikasi berteknologi Augmented Reality. Disertai dengan 1 gambar marker yang terdapat didalam buku pelajaran biologi yang apabila diarahkan ke aplikasi dapat menampilkan visualisasi objek 3D seperti gigi anak, gigi dewasa, gigi geraham, lidah, animasi pencernaan mulut, kerongkongan, lambung, usus halus dan usus besar. Aplikasi ini dapat bermanfaat bagi siswa sekolah menengah atas (SMA), yang memperoleh materi pembelajaran sistem pencernaan manusia. Berdasarkan pengujian kompabilitas, aplikasi ini sudah berjalan dengan baik pada perangkat mobile  Android, mulai dari Android versi 4.2.0 (Jelly Beans) hingga Android versi 7.0 (Nougat).  Dari hasil pengujian Pre Test dan Post Test yang telah dilakukan, untuk kelompok siswa yang belajar menggunakan buku biologi memiliki persentase kenaikan dari nilai Pre Test ke Post Test sebesar 14,5 %, sedangkan untuk kelompok siswa yang belajar menggunakan aplikasi Augmented Reality Sistem Pencernaan memiliki persentase kenaikan dari nilai Pre Test ke Post Test sebesar 24,8 %, yang berarti Augmented Reality dapat diterapkan sebagai media pembelajaran sistem pencernaan manusia.


Full Text:

PDF

References


Purnomo, Sudjino, Trijoko, Suwarno Hadisusanto. 2009. BIOLOGI kelas XI untuk SMA dan MA. Jakarta: Intan Pariwara

Andre Kurniawan Pamoedji, Maryuni, Ridwan Sanjaya. 2017. Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Hujair, Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif dan Inovatif. Yogyakarta: PT Kaukaba Dipantara

Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Martin Owen, Sue Owen, Mario Barajas, Anna Trifonova. 2013. Augmented Reality in Education. Greece: Ellinogermaniki Agogi

Abbas Abdoli Sejzi. 2015. Augmented Reality and Virtual Learning Environment. Malaysia: Universitas Teknologi Malaysia

Suhatati Tjandra, C. Pickerling. 2015. Aplikasi Metode-Metode Software Testing Pada Configuration, Compatiblity dan Usability Perangkat Lundak. Surabaya: Sekolah Teknik Tinggi Surabaya

Paul Pope. 2008. How To Calculate Percentage Change. Texas: Texas A&M University

Sri Dharwiyanti, Romi Satria Wahono. 2003. Pengantar Unified Modeling Language (UML). IlmuKomputer.com




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v3i2.22676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.