APLIKASI ANTRIAN NASABAH BANK MENGGUNAKAN TEKS DAN SUARA BERBASIS JARINGAN WIRELESS LOCAL AREA NETWORK (WLAN)

Tommy Teguh Saputra, Beni Irawan, Ilhamsyah

Abstract


Antrian nasabah biasa terjadi pada beberapa Bank. Para nasabah membuat barisan panjang untuk mendapatkan pelayanan dari Bank. Hal ini dapat membuat para nasabah sulit dan berdesak–desakkan dalam bertransaksi. Namun masalah ini dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi informasi berupa aplikasi antrian yang berbasis wireless. Pada penelitian ini, aplikasi dapat mengatur antrian nasabah dengan menggunakan metode multi channel–single phase. Metode multi channel–single phase dapat diterapkan pada aplikasi client–server, yang memiliki satu atau lebih pelayanan yang dialiri oleh antrian tunggal. Beberapa client dapat terhubung dengan server melalui internet protocol (IP). Client yang terhubung dengan server melalui jaringan wireless akan meminta permintaan kepada server, kemudian server akan merespon dan mengirim permintaan client. Aplikasi ini menghasilkan tampilan berupa teks dan suara yang berupa informasi nomor antrian nasabah. Selain itu, nasabah juga mendapatkan lembar nomor antrian yang tercetak oleh printer. Aplikasi ini dapat menggunakan lebih dari 1 loket teller dan menyesuaikan kebutuhan layanan kepada nasabah. Kata kunci: teknologi infomasi, metode multi channel–single phase, jaringan

wireless, client-server


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/coding.v2i2.6344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PublisherJurusan Rekayasa Sistem Komputer dan Jurusan Sistem Informasi Universitas Tanjungpura


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats