Rancang Bangun Marketing Automation Pada E-Commerce Menggunakan Framework CodeIgniter
Abstract
Belanja online pada suatu e-commerce telah menjadi tren yang meningkat secara signfikan di Indonesia. Kebutuhan masyarakat terhadap toko-toko online sejalan dengan kebutuhan perusahaan maupun UMKM untuk mengembangkan e-commerce mereka sendiri. Akan tetapi, kebutuhan untuk menjual produk secara online harus diimbangi dengan strategi untuk memasarkan produk tersebut secara online dan otomatis pula kepada pelanggan. Berdasar hal tersebut, maka suatu e-commerce juga membutuhkan tools-tools marketing yang dapat memasarkan sekaligus mengetahui feedback dari pelanggan terhadap pemasaran yang dibuat. Penelitian ini mengembangkan Marketing Automation pada e-commerce yang di dalamnya terdapat fitur market segmentation, campaign management, e-mail marketing dan lead scoring. Hasil penelitian dari sisi pengujian interface memiliki nilai 87,7%, dan seluruh pengujian fungsionalitas berjalan baik. Sedangkan untuk pengiriman e-mail, seluruh e-mail berhasil terkirim berdasarkan data log Mailgun. Dengan hasil yang telah didapatkan dari penelitian dapat disimpulkan sistem e-commerce telah layak digunakan oleh perusahaan maupun UMKM sebagai tempat menjual dan memasarkan produk mereka.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/coding.v11i2.53562
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Jurusan Rekayasa Sistem Komputer dan Jurusan Sistem Informasi Universitas Tanjungpura
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats