SISTEM INFORMASI ANTRIAN ONLINE BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN MULTI CHANNEL SINGLE PHASE (Studi Kasus : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sintang)

Muhammad Iqbal, Ilhamsyah Ilhamsyah, Syahru Rahmayudha

Abstract


Antrian merupakan suatu keadaan dimana seorang harus menunggu gilirannya untuk mendapatkan pelayanan. Seringkali antrian menjadi suatu masalah baik bagi masyarakat ataupun instansi yang memberikan pelayanan. Hal ini terjadi pada instansi Disdukcapil Sintang, dimana proses antrian disana masyarakat yang mengantri harus menunggu ditempat untuk dilayani tanpa mengetahui lama waktu tunggu untuk dilayani. Disisi lain instansi Disdukcapil juga mengalami permasalahan dimana loket antrian memiliki terlalu banyak antrian yang harus dilayani, sehingga diperlukan sistem antrian untuk mengatasi masalah tersebut. Sistem antrian yang akan dibuat oleh peneliti menggunakan perhitungan rata-rata lama waktu pelayanan setiap loket pelayanan, sehingga masyarakat dapat memonitoring estimasi lama waktu tunggu untuk dilayani secara real time. Sistem antrian juga menerapkan metode Multi Channel Single Phase yang dapat memberikan rekomendasi penambahan petugas pada setiap loket pelayanan. Hasil penelitian ini berupa aplikasi antrian berbasis website yang menampilkan informasi estimasi waktu tunggu untuk dilayani bagi masyarakat dan rekomendasi penambahan petugas pada setiap loket pelayanan. Sistem antrian telah dilakukan pengujian menggunakan metode black box testing. Seluruh fungsionalitas sistem berjalan sesuai dengan perancangan yang telah dibuat sebelumnya dan antarmuka sistem memperoleh persentase 82,44% yang masuk ke dalam kategori Baik Sekali.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/coding.v10i03.52857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PublisherJurusan Rekayasa Sistem Komputer dan Jurusan Sistem Informasi Universitas Tanjungpura


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats