IMPLEMENTASI ALGORITMA K – MEANS UNTUK CLUSTERING SENTIMEN PADA OPINI KUALITAS PELAYANAN JASA PENERBANGAN

Syarifah Iin Safitri, Cucu Suhery, Syamsul Bahri

Abstract


Skytrax adalah perusahaan yang melakukan riset mengenai peringkat dan kualitas maskapai penerbangan. Skytrax memiliki kolom komentar tempat para pengguna maskapai penerbangan memberikan review mengenai kualitas layanan maskapai penerbangan yang ada di seluruh dunia. Review dari pengguna maskapai tersebut dapat membantu calon penumpang maskapai untuk mengetahui kualitas dari layanan maskapai. Membaca review tersebut secara keseluruhan tentu memerlukan waktu yang lama. Hal yang dapat dilakukan adalah mengum-pulkan semua review tersebut dan mengolahnya menjadi sesuatu yang dapat menjawab keingintahuan para pengguna maskapai penerbangan mengenai kualitas pelayanan jasa maskapai penerbangan yang akan dipilih. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem yang digunakan untuk mengelompokkan opini positif dan opini negatif yang terdapat pada website Skytrax menggunakan algoritma K-Means. Data yang digunakan merupakan data opini maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Air Asia dan Lion Air yang terdapat pada website Skytrax dengan jumlah keseluruhan 1060 data opini dari tahun 2015 sampai dengan 2019. Keluaran yang dihasilkan berupa data opini yang telah dikelompok menjadi kelompok negatif dan kelompok positif. Perhitungan akurasi didapat dengan membandingkan nilai rating opini pada website Skytrax dengan hasil clustering sentimen pada algoritma K-Means. Persentase keberhasilan sistem clustering sentimen maskapai Lion Air 60,5%, Air Asia 52,8%, dan Garuda Indonesia 71,8%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/coding.v9i02.47377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PublisherJurusan Rekayasa Sistem Komputer dan Jurusan Sistem Informasi Universitas Tanjungpura


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats