AUDIT MANAJEMEN KUALITAS TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 5 DAN ISO 9001:2015 (STUDI KASUS: KPP PRATAMA PONTIANAK BARAT)

Alberth Rico CA , Ilhamsyah , Nurul Mutiah

Abstract


Peran Teknologi Informasi (TI) sangatlah penting bagi instansi atau perusahaan dalam menjalankan proses bisnis. Salah satunya adalah KPP Pratama Pontianak Barat, instansi pemerintah yang memberikan pelayanan pajak pada masyarakat dengan memanfaatkan TI. Oleh sebab itu tata kelola TI khususnya manajemen kualitas sangat diperlukan untuk memastikan penerapan dan pemanfaatan TI selaras dengan strategi dan tujuan organisasi. ISO 9001 merupakan standar yang berisi klausul-klausul untuk penerapan sistem manajemen kualitas (QMS). ISO 9001 kemudian diintegrasikan dengan COBIT 5 yang merupakan kerangka kerja dalam tata kelola TI untuk menghasilkan sekumpulan base practice dan work product yang digunakan untuk penilaian level kapabilitas. Penilaian menggunakan COBIT PAM yang merupakan kerangka dasar dalam menilai dan mengukur level kapabillitas. Dari penilaian yang dilakukan, didapatkan hasil berupa klausul konteks organisasi sudah berada di level 2, sedangkan klausul kepemimpinan, klausul perencanaan, klausul pendukung, klausul operasi, klausul evaluasi kinerja dan klausul peningkatan masih berada di level 1. Dari hasil penilaian yang didapat maka akan dibuat rekomendasi perbaikan yang disarankan untuk diimplementasikan agar dapat meningkatkan level kapabilitas ke level yang diharapkan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/coding.v8i3.42415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PublisherJurusan Rekayasa Sistem Komputer dan Jurusan Sistem Informasi Universitas Tanjungpura


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats