IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) PADA APLIKASI SMART BOOK REAKSI REDOKS DAN ELEKTROKIMIA MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING BERBASIS DESKTOP
Abstract
Augmented Reality (AR) merupakan sebuah teknologi digital yang mampu menggabungkan objek maya di dalam dua dimensi (2D) atau tiga dimensi (3D) kedalam lingkungan nyata secara bersama atau real time. Salah satu implementasi AR pada bidang media pembelajaran adalah aplikasi Smart Book Reaksi Redoks Dan Elektrokimia Menggunakan Metode marker Based tracking berbasis Desktop. Pengembangan aplikasi ini bertujuan untuk membuat media buku reaksi redoks dan elektrokimia yang ada dilengkapi dengan Smart Book sebagai media pembelajaran tambahan yang menampilkan animasi 3D secara lebih nyata dan interaktif dengan menggukan teknologi Augmented Reality, untuk memberikan ketertarikan terhadap siswa dalam mempelajari reaksi redoks dan elektrokimia. Perangkat lunak yang dibangun memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) sehingga dapat menjadi salah satu media pembelajaran interaktif didalam mempelajari reaksi redoks dan elektrokimia. Pada pengembangan aplikasi Smart Book Reaksi Redoks Dan Elektrokimia Menggunakan Metode marker Based tracking berbasis Desktop dengan model yang digunakan adalah model waterfall. Hasil akhir projek ini berupa buku yang berisikan materi pembelajaran dan gambar yang terkait dengan mata pelajaran reaksi redoks dan elektrokimia.
Kata kunci: elektrokimia, redoks, Augmented reality, markerFull Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/coding.v8i1.39212
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Jurusan Rekayasa Sistem Komputer dan Jurusan Sistem Informasi Universitas Tanjungpura
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats