PENGEMBANGAN KREATIVITAS MATEMATIKA ETNIS CHINA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA SISWA SMKK IMMANUEL PONTIANAK
Abstract
Untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model STAD berbasis konstruktivisme dalam pengembangan kreativitas matematika oleh etnis China, dilakukan penelitian melalui 4 fase, yakni: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi; yang dilakukan dalam 3 siklus (simulasi, uji coba terbatas, dan pengambilan data penelitian). Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD efektif terhadap hasil belajar pada sub materi laporan kas dengan harga effect size (ES) = 0,77. Berdasarkan kriteria effect size (ES) = 0,77 termasuk pada kriteria sedang. Sehingga dapat dikatakan pembelajaran kooperatif model STAD memberikan kontribusi 28 % terhadap hasil belajar siswa pada sub materi laporan kas pada siswa kelas I AK-1 SMKK Immanuel.
Kata Kunci: Kreativitas, Kooperatif, Konstruktivimes, STAD
Kata Kunci: Kreativitas, Kooperatif, Konstruktivimes, STAD
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.