FILSAFAT PENDIDIKAN PROGRESIVISME DAN PENDIDIKAN BAHASA
Abstract
Pumpunan (fokus) penelitian ini adalah kandungan pemikiran filsafat progresivisme dalam pendidikan bahasa atau pengajaran bahasa pada abad dua puluh. Penelitian dimaksudkan untuk mengeksplorasi seberapa besar pengaruh pemikiran tersebut terhadap teori-teori dan praktik-praktik pendidikan bahasa pada abad dua puluh. Melalui penelitian historis, ditemukan bahwa pada abad dua puluh terdapat kecenderungan adanya kandungan pemikiran progresivisme terhadap teori-teori dan praktik-praktik pendidikan dan pengajaran bahasa yang semakin tinggi dari waktu ke waktu, dengan sedikit pengecualian.
Kata Kunci: progresivisme, pengajaran bahasa, linguistik terapan
Kata Kunci: progresivisme, pengajaran bahasa, linguistik terapan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.