MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MELAHIRKAN KEMAMPUAN BERPIKIR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Aminuyati .

Abstract


Dalam kegiatan pembelajaran, pada dasarnya tidak ada strategi, metode, model, pendekatan atau serangkaian prosedur yang paling baik dalam pembelajaran. Tiap-tiap metode, model, pendekatan memunyai kelebihan maupun kelemahan. Dengan menyadari paradigma baru dalam proses pembelajaran, yaitu pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, menyenangkan (PAIKEM), maka salah satu model yang dapat diterapkan pada mata pelajaran ekonomi adalah model problem solving dengan pendekatan kontekstual. Untuk menunjang melahirkan kemampuan berpikir, diperlukan upaya untuk memperoleh informasi lewat membaca, mendengar, dan memahami informasi. Informasi tersebut diinterpretasikan dan dievaluasi secara akurat dan mengomunikasikannya lewat pembicaraan dan penulisan yang objektif.

Kata kunci: Problem solving, pendekatan kontekstual, kemampuan berpikir


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.