KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI BALOK DENGAN PENDEKATAN LAGU MODEL MAHASISWA PGSD FKIP UNTAN PONTIANAK

Imam Ghozali

Abstract


Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah lemahnya mahasiswa PGSD dalam membaca notasi musik balok pada mata kuliah Pendidikan Seni Musik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian mahasiswa PGSD FKIP Untan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa pada setiap siklus selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I tingkat keberhasilan yang dicapai 67,88 %, sedangkan pada siklus II tingkat pencapaiannya 94,12 %. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan lagu model dalam pembelajaran musik dapat meningkatkan keterampilan membaca notasi balok mahasiswa PGSD FKIP Untan.

Kata Kunci: Notasi musik, notasi balok, lagu model


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.