Analisis Pengaruh Tingkat Upah Dan Pendidikan Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Sektor Unggulan Di Kalimantan Barat

Sinta Sukmawati B01110113

Abstract


Produktivitas pada dasarnya merupakan efektivitas faktor input dalam menghasilkan output. Peningkatan jumlah tenaga kerja yang tidak disertai dengan peningkatan kinerja pekerja tersebut akan mempengaruhi proses produksi dan pada akhirnya akan menghambat pertumbuhan ekonomi.

Penelitian ini berusaha menganalisis pengaruh tingkat upah dan pendidikan terhadap produktivitas tenaga kerja sektor unggulan di Kalimantan Barat periode 2003-2012. Untuk menjawab tujuan pertama yaitu menganalisis pengaruh tingkat upah terhadap produktivitas tenaga kerja sektor unggulan di KalimantanĀ  Barat, digunakan alat analisis Regresi Linear Sederhana. Sedangkan untuk menjawab tujuan kedua yaitu menganalis pengaruh tingkat pendidikan terhadap produktivitas tenaga kerja sektor unggulan di Kalimantan Barat, digunakan analisis deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diambil dari BPS Provinsi Kalimantan Barat dan Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Kalimantan Barat.

Hasil penelitian mengungkapkan tingkat upah berpengaruh positif terhadap produktivitas tenaga kerja sektor unggulan di Kalimantan Barat. Tingkat upah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja. Secara individu variabel pendidikan memiliki hubungan yang negatif dan signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja sektor unggulan di Kalimantan Barat.Secara bersama-sama (simultan) Upah Minimum Provinsi, pendidikan yang dilihat berdasarkan Tingkat Pendidikan Rendah (TPR) dan Tingkat Pendidikan Tinggi (TPT) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan produktivitas tenaga kerja sektor unggulan di Kalimantan Barat. Dari hasil analisis dapat disimpulkan semakin besar Upah Minimum Provinsi, Tingkat Pendidikan Rendah (TPR) dan Tingkat Pendidikan Tinggi (TPT) yang diberikan dan di miliki oleh tenaga kerja, maka akan semakin besar pula tingkat produktivitas tenaga kerja sektor unggulan di Kalimantan Barat yang akan diperoleh.

Kata Kunci : Tingkat Upah, Pendidikan, Produktivitas Tenaga Kerja, Sektor Unggulan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.