ANALISIS PENGARUH VARIABEL DEMOGRAFI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KALIMANTAN BARAT PERIODE 2009-2012

KAMARUDIN B01107006

Abstract


 

Penelitian ini berjudul “ Analisis Pengaruh Variabel Demografi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kalimantan Barat Periode 2009-2012 ”. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pertumbuhan penduduk dan dependensi rasio terhadap pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat. Permasalahan ini adalah apakah terdapat pengaruh pertumbuhan penduduk dan dependensi rasio terhadap pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis regresi berganda (multiple), jenis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sumber data sekunder (time series data), kurun waktu times series data adalah empat tahun (dari tahun 2009-2012). Data cross section meliputi 14 Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat, sehingga observasi yang digunakan sebanyak 46.

Hasil analisis menunjukkan bahwa Pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat adalah positif tapi tidak signifikan, artinya tingkat pertumbuhan penduduk seperti kelahiran, kematian, dan migrasi berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat periode 2009-2012, namun tidak signifikan dalam arti dapat diabaikan. Pengaruh dependensi rasio (tingkat ketergantungan) terhadap pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat negative tapi tidak signifikan, artinya tingkat ketergantungan penduduk usia produktif (15-64) berpengaruh negative dan dapat diabaikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat periode 2009-2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.