PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA ALOKASI UMUM TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI-PROVINSI DI KALIMANTAN TAHUN 2003-2012

RITA BUDIARTI B01109014

Abstract


Judul dari penelitian ini adalah “Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi-provinsi di Kalimantan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan  Dana Alokasi Umum (DAU) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi-provinsi di Kalimantan.

Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi data panel (cross section dan time series), dengan observasi data sebanyak 40 di 4 Provinsi Kalimantan selama periode 2003 sampai 2012. Proses pengolahan data menggunakan program computer Eviews-6.

Berdasarkan hasil perhitungan, hasil regresi dan berbagai uji yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD)  dan Dana Alokasi Umum (DAU) berpengaruh signifikan secara simultan atau serempak terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Sedangkan secara parsial, Pendapatan Asli Daerah (PAD)   memberikan pengaruh yang positif terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi-provinsi di Kalimantan, sedangkan Dana Alokasi Umum (DAU) memberikan pengaruh yang negatif terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi-provinsi di Kalimantan. Adanya pengaruh yang positif antara Pendapatan Asli Daerah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi-provinsi di Kalimantan berdasarkan hasil regresi dapat dilihat koefisien  Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 0.044. Adanya pengaruh yang negatif antara Dana Alokasi Umum  (DAU)  terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi-provinsi di Kalimantan berdasarkan hasil regresi dapat dilihat koefisien sebesar -0.031.

 

Kata Kunci : Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.