Evaluasi Dana Desa Dan Dampaknya Terhadap Pembangunan Di Desa Sungai Belidak Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya

Aluan B1011141027

Abstract


Penerimaan anggaran yang besar kurang didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di daerah terkait.Tujuan penelitian ini untuk (1) Membahas penggunaan Dana Desa (DD), (2) Menginvestigasi pembangunan bidang SDM, (3) Membahas pengetahuan dan partisipasi, tata kelola serta dampak kebijakan Dana Desa (DD).

Penelitian ini untuk mengevaluasi Dana Desa (DD) yang diukur dari sudut pandang aparat desa, tokoh masyarakat dan masyarakat, serta dilihat dari beberapa aspek seperti penggunaan, tata kelola, dampak dan secara khusus membahas dalam bidang kualitas SDM. Jenis data yang di gunakan di dalam penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari wawancara dan kuisioner serta data sekunder yakni melalui dokumen. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis persentase dan disajikan dalam bentuk tabel dengan menggunkan skala Likert.

Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa Dana Desa (DD) tahun 2016-2017 yang di terima oleh pemerintah desa, telah mampu diserap dengan mendistribusikan beberapa sektor atau bidang yang ada termasuk dibidang Sumber Daya Manusia. Kemudian dalam pengetahuan dan partisipasi, tata kelola kebijakan serta dampak dari adanya Dana Desa (DD), telah memberikan pengaruh dan perubahan yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat Desa Sungai Belidak.

Kata Kunci : Pengetahuan dan Partisipasi Masyarakat, Tata Kelola, Dampak Pembangunan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.