PENGARUH PDRB PERKAPITA, IPM DAN PENDAYAGUNAAN DANA ZIS TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN (Studi Kasus 16 Provinsi di Indonesia) Periode 2013 — 2016

Ferzi Bariansyah B01112063

Abstract


ABSTRAK

Perekonomian memegang peranan penting dalam kehidupan. Banyak persoalan ekonomi yang sampai saat ini belum bisa dipecahkan manusia, salah satunya kemiskinan. Menurut data yang dikeluarkan BPS tingkat kemiskinan  di Indonesia masih tergolong tinggi, yaitu pada tahun 2015 Tingkat Kemiskinan sebesar 11,13% dan tahun 2016 sebesar 10,7%. Sedangkan PDRB perkapita, IPM dan pendayagunaan dana ZIS di Indonesia rata-rata setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh PDRB perkapita, IPM dan pendayaagunaan dana ZIS terhadap tingkat kemiskinan 16 provinsi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder times series selama periode 2013 - 2016 dan data cross section 16 Provinsi di Indonesia dengan alat analisis Random Effect Model (REM).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDRB perkapita berpengaruh tidak signifikan dengan arah koefisien negatif terhadap tingkat kemiskinan. Sedangkan IPM berpengaruh signifikan dengan arah koefisien negatif terhadap tingkat kemiskinan. Dan pendayagunaan dana ZIS berpengaruh tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan dengan arah koefisien positif.

Kata Kunci   : Tingkat Kemiskinan, PDRB Perkapita, IPM dan Pendayagunaan Dana ZIS


Refbacks

  • There are currently no refbacks.