Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Kredit Konsumtif Nasabah Bank Pembangunan Daerah (Studi Kasus Bank Kal-Bar)

RINI ASWATI B21112058

Abstract


ABSTRAK

 

Penyaluran kredit banyak sekali kita ketahui diantaranya penyaluran kredit modal kerja, kredit investasi, kredit konsumtif dimana dengan penyaluran kredit yang dilaksanakan oleh bank tersebut, maka semakin banyak bank menyalurkan kreditnya akan semakin bnyak pendapatan bunga yang akan diperoleh, hal ini juga berdampak terhadap pendapatan operasional bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fakltor-faktor yang mempengaruhi permintaan kredit, maka penelitian ini memfokuskan pada tingkat permintaan kredit konsumtif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data skunder yang diperoleh dari Statistik Ekonomi Keuangan yang diterbitkan oleh Bank Indonesia dan Indikator Perekonomian Indonesia yang diterbitkan oleh BPS. Teknik analisa dengan pendekatan uji asumsi klasik yang menguji normalitas data dan uji regresi berganda.

 

Berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan diperolehhasil penelitian pengujian ini untuk mengetahui pengaruh dari PDRB (X1) terhadap permintaan konsumtif (Y). Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,000 disimpulkan bahwa variabel PDRB berpengaruh terhadap permintaan konsumtif.Pengujian ini untuk mengetahui pengaruh dari inflasi (X2) terhadap permintaan konsumtif (Y). Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,000 disimpulkan bahwa variabel inflasi berpengaruh terhadap permintaan konsumtif. Pengujian ini untuk mengetahui pengaruh dari suku bunga (X3) terhadap permintaan konsumtif (Y). Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,000 disimpulkan bahwa variabel suku bunga berpengaruh terhadap permintaan konsumtif.

 

Kata Kunci : PDRB, Inflasi, Tingkat Bunga dan Permintaan Konsumtif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.