PENGARUH INFLASI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP PENGANGGURAN DENGAN ANALISIS KURVA PHILIPS DAN HUKUM OKUN DI KALIMANTAN BARAT TAHUN 1987 – 2016

TINI MARTA B1011141010

Abstract


ABSTRAK

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari inflasi dan pertumbuhan ekonomi terhadap pengangguran serta kesesuaian teori kurva Philips dan hukum Okun di Kalimantan Barat tahun 1987 – 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah  regresi berganda dengan menggunakan data time series. Data diolah dengan menggunakan Eviews 9.

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inflasi berpengaruh positif  dan signifikan terhadap pengangguran di Kalimantan Barat dengan koefisien sebesar 0.095573 dan nilai probabilitas dari inflasi sebesar 0,0481. Hal ini menunjukan tidak signifikan antara teori kurva Philips dengan hasil penelitian. Pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengangguran di Kalimantan Barat dengan koefisien sebesar -0,197757 dan nilai probabilitas dari pertumbuhan ekonomi sebesar 0,0182. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara hasil penelitian dengan hukum Okun.

 

 

Kata Kunci : Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.