EVALUASI DANA DESA (DD) TELUK PAKEDAI II DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBANGUNAN DI DESA TELUK PAKEDAI II KECAMATAN TELUK PAKEDAI KABUPATEN KUBU RAYA

MUHAMMAD AKBAR AKBAR B1011141022

Abstract


ABSTRAK

Penerimaan anggaran yang besar kurang didukung oleh SDM yang berkompeten.Tujuan penelitian ini untuk (1) Membahas penggunaan Dana Desa (DD), (2) Menginvestigasi pembangunan bidang pertanian, (3) Membahas pengetahuan dan partisipasi, tata kelola serta dampak kebijakan Dana Desa (DD).  

Penelitian ini untuk mengevaluasi Dana Desa (DD) yang dinilai dari sudut pandang aparat desa, tokoh masyarakat dan masyarakat, serta dilihat dari dari aspek penggunaan, tata kelola, dampak dan secara khusus membahas dalam bidang pertanian. Jenis data yang di gunakan di dalam penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari dari wawancara dan kuisioner dan data sekunder yakni melalui dokumen. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis persentase dan disajikan dalam bentuk tabel dengan menggunkan skala Likert.

Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa Dana Desa (DD) tahun 2016-2017 yang di terima oleh pemerintah desa, telah mampu diserap dengan mendistribusikan beberapa sektor yang ada termasuk dalam program pertanian. Kemudian dalam pengetahuan dan partisipasi, tata kelola kebijakan serta dampak dari adanya Dana Desa (DD), telah memberikan pengaruh dan perubahan yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat Desa Teluk Pakedai.

Kata Kunci : Pengetahuan dan Partisipasi Masyarakat, Tata Kelola, Dampak Pembangunan.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.