FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN PRODUK KOSMETIK PADA MAHASISWI MUSLIMAH DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TANJUNGPURA

HUSANA ANIQ B1012131038

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengahuri permintaan produk kosmetik pada mahasiswi muslimah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura. Dengan variabel bebasnya (X) yaitu harga (X1), pendapatan (X2), label halal (X3) adapun yangmenjadi variabel terikatnya (Y) adalah permintaan produk kosmetik. Jenispenelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data primer kuisioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis linier  berganda. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian inisebanyak 100 responden mahasiswi perempuan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa varibel harga (X1) berpengaruh signfikan dan positif terhadap permintaan kosmetik pada mahasiswi muslimah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, variabel pendapatan (X2) tidak memiliki pengaruh terhadap permintaan kosmetik pada mahasiswi muslimah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, variabel label halal (X3) tidak memiliki pengaruh terhadap permintaan kosmetik pada mahasiswi muslimah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

Nilai R2 atau koefisien determinasi pada model ini sebesar 0.480102 artinya harga, pendapatan dan label halal dalam mempengaruhi Permintaan kosmetik sebesar 48,01 %, sisanya sebesar 51,99 %  dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian ini. . Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa variabelHarga memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap permintaan produk kosmetik pada mahasiswi muslimah di Fakultas Ekonomi dan Bisnisdengan jumlah 0.0089 atau lebih kecil dari taraf signifikan 5% atau 0,05. Dengan kata lain Harga Yang kompetitif sangat  menentukan permintaan produk koosmetik.

 

Kata Kunci : Permintaan Produk, Harga, Pendapatan, Keputusan Pembelian, Labelisasi Halal, Produk Halal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.