ANALISIS PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KINERJA PEGAWAI DI SEKTOR (BP2T) KOTA PONTIANAK

NORFITRIANI B1013131053

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip Good governance (tata kelola pemerintahan yang baik) dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja pegawai di Dinas Penanaman Modal dan pelayanan terpadu satu Pintu (BP2T) kota Pontianak, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriftifberupa analisi Penerapan prinsip-prinsip Good Governance.

Penelitian mengunakan indikator yang dilihat dari penerapan Kepastian Hukum, Tangung Jawab, dan Transparansi aparatur pemerintah. Informan dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai BP2T  Kota pontianak.  Untuk mengumpulkan data primer disiapkan pedoman wawancara dalam bentuk pertanyaan. Data sekunder diperoleh melalui pencatatan atau pengisian tertulis pada Kantor Dinas BP2T Kota Pontianak.

Hasil penelitian variabel kepastian hukumberpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap efektivitas kinerja pegawai dengan perhitungan hasil regresi sebesar -0,012, variabel tangung jawabberpengaruh negatif dan tidak signifikansi terhadap efektivitas kinerja pegawai dengan perhitungan hasil regresi sebesar -0,287,dan variabel transparansiberpengaruh positif dan signifikansi terhadap efektivitas kinerja pegawai dengan perhitungan hasil regresi sebesar +1,057.

 

 

Kata Kunci : Good Governance,  Efektivitas Kinerja Pegawai


Refbacks

  • There are currently no refbacks.