Flypaper Effect Pada Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2011-2015

RAUSAN DHAMIR B1011131112

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris pada DAU dan PAD terhadap belanja daerah kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat yang terdiri dari 12 kabupaten dan 2 kota. Untuk membuktikan apakah terjadi fenomena Flypaper Effect pada tahun 2011 – 2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang sumber datanya diambil dari Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa PAD dan DAU secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap belanja daerah. Hasil uji t-statistik PAD sebesar 7,031988 dan signifikan terhadap belanja daerah. Sedangkan hasil uji t-statistik DAU sebesar 24,40710 dan signifikan. Hasil pengujian ini membuktikan bahwa respon pemerintah daerah terhadap belanja daerah pada kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat menunjukkan tidak terjadi Flypaper Effect.

Kata Kunci : DAU, PAD, Belanja Daerah, dan Flypaper Effect.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.