Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas (ROA) Bank Umum Di Indonesia Tahun 2009-2017

Mulya Fajar Rahmawan B011131146

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas (ROA) Bank umum di inonesia dengan variabel bebas (X) yaitu good corporate governance , loan to deposit ratio , net perfotming loan , net intrest margin dan capital asset ratio terhadap variabel terikat (Y) yaitu profitabilitas bank yang dihitung dengan return on asset. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat pengumpulan data menggunakan buku-buku literatur, jurnal-jurnal atau sumber yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan hipotesis bahwa profitabilitas bank yang di wakili oleh return on asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap good corporate governance pada bank umum di Indonesia. Profitabilitas bank yang di wakili oleh return on asset berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap net peforming loan pada bank umum di Inonesia. Profitabilitas bank yang di wakili oleh return on asset berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loan to deposit ratio pada bank umum di Indonesia. Profitabilitas bank yang di wakili oleh return on asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap net intrest margin pada bank umum di Indonesia. Profitabilitas bank yang di wakili oleh return on asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap capital asset ratio pada bank umum di Indonesia.

 

Kata Kunci : Return on asset, good corporate governance, net peforming loan, loan to deposit ratio, net intrest margin dan capital asset ratio.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.