ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG DI PASAR SUNGAI PINYUH KABUPATEN MEMPAWAH

DIDI JANUAR B01112029

Abstract


 

Pedagang kaki lima memiliki beberapa faktor-faktor yang  mempengaruhi pendapatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh faktor modal kerja, jumlah jam kerja dan lamanya usaha terhadap pendapatan Pedagang Kaki Lima di Pasar Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah.

Sumber data dalam penelitian ini mengunakan 2 macam data yaitu data primer dan data sekunder, dan beberapa hasil penelitian literature dari peneliti terdahulu. Sedangkan teknik analisis menggunakan uji regresi linear berganda,uji asumsi klasik,  uji koefesien determinasi, uji t statistik, dan uji F statistik.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa: (1). Variabel modal usaha berpengaruh signifikan terhadap pendapatan Pedagang Kaki Lima yang ditunjukkan oleh nilai koefesien regresi sebesar 0,350 dimana nilai signifikan sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. (2). Variabel Jumlah Jam Kerja berpengaruh signifikan terhadap pendapatan Pedagang Kaki Lima yang ditunjukkan oleh nilai koefesien regresi sebesar 0,306 dimana nilai signifikan sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05. (3). Variabel Lamanya Usaha berpengaruh signifikan terhadap pendapatan Pedagang Kaki Lima yang ditunjukkan oleh nilai koefesien regresi sebesar 0,328  dimana nilai signifikan sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05.

 

Kata kunci: Pendapatan, Modal Usaha, Jumlah Jam Kerja Dan Lamanya Usaha.

 

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.