PENGARUH PENANAMAN MODAL ASING (PMA), PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI (PMDN) DAN KURS DOLLAR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA PERIODE 1985-2014

FAHRUL KURNIAWAN B01110094

Abstract


Skripsi ini berjudul “Pengaruh Penanaman Modal Asing (Pma), Penanaman Modal Dalam Negeri (Pmdn) Dan Kurs Dollar Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Periode 1985-2014” dengan tujuan penelitian menguji dan menganalisis pengaruh penanaman modal asing, penanaman moda dalam negeri dan kurs dollar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mengunakan data sekunder yaitu data time series dari tahun 1985-2014. Diolah dengan komputer mengunakan program sofware economics views (E-views) mengunakan metode regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa secara parsial penanaman modal asing dan penanaman modal dalam negeri berpengaruh positif signifikan dengan nilai probabilitas sebesar 0,0000 kurang dari 0,05%, sedangkan kurs dollar berpengaruh negatif tidak signifikan dengan nilai probabilitas sebesar 0,1109 lebih dari 0,05%. Secara simulutan ketiga variabel bebas yaitu penanaman modal asing, penanaman modal dalam negeri dan kurs dollar berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan uji r-square 87,23% dari pertumbuhan ekonomi dapat dijelaskan oleh penanaman modal asing, penanaman modal dalam negeri dan kurs dollar sedangkan selebihnya sebesar 12,77% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model yang diteliti.

Kata Kunci : Penanaman Modal asing (PMA), Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), Kurs Dollar, Pertumbuhan Ekonomi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.