PENGEMBANGAN SUB SEKTOR POTENSIAL PADA SEKTOR PERTANIAN DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT

HERU PURWANTO B1011131096

Abstract


ABSTRAK

 

            Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis sub sektor pertanian manakah yang berpotensi untuk di kembangkan sebagai penunjang perekonomian di Provinsi Kalimantan Barat.

            Bentuk penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.. Alat Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah LQ, Typology Klassen, MRP, dan Overlay

Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa Produk Domestik Regional Bruto atas dasar harga konstan, laju pertumbuhan dan Kontribusi sub sektor pertanian. Alat analisis yang digunakan adalah Location Quotients (LQ), Klassen Tipologi, Model Rasio Pertumbuhan (MRP), dan Overlay. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa perkembangan sub sektor Kehutanan dan Penebangan Kayu dan sub sektor Pertanian, Peternakan, Pemburuan dan Jasa Pertanian di Provinsi Kalimantan Barat merupakan sub sektor yang masuk dalam klasifikasi LQ diatas satu. Berdasarkan Klassen tipologi subsektor pertanian perternakan, pemburuan dan jasa pertanian adalah sub sektor cepat maju yang menunjukkan bahwa sub sektor tersebut sub sektor basis .jika dilihat dari analisis Model Rasio Pertumbuhan semua  sub sektor pertanian bertanda negatif yang artinya kriteria pertumbuhan perekonomian di Kalimantan barat rendah sedangkan untuk  Sub sektor perikanan merupakan sub sektor yang non basis dan tergolong subsektor yang tertinggal.

 

Kata Kunci: PDRB, Sektor Potensial, dan pembangunan ekonomi daerah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.