ANALISIS AKTIVITAS EKONOMI PADA OBYEK WISATA GUA MARIA ANJUNGAN

PASLI BOBOB B21110033

Abstract


ABSTRAK

 

Skripsi berjudul “Analisis Aktivitas Ekonomi Objek Wisata Gua Maria Anjunganbertujuan untuk mengetahui dan menganalisa aktivitas ekonomi dan kontribusi obyek wisata Gua Maria terhadap PAD Kecamatan Anjungan Kabupaten mempawah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam peningkatan kontribusi retribusi sektor pariwisata Kecamatan Anjungan dimasa mendatang dalam rangka pengambilan kekebijakan pemerintah.

Metode pengumpulan data  yaitu dengan menyebarkan kuisioner pada responden, sedangkan data sekunder diperoleh langsung dari pengelola objek wisata rohani Gua Maria Anjungan dan intansi-intansi pemerintah yang terkait.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi pada obyek wisata rohani ini dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal ini dikarenakan makin meningkatnya jumlah pengunjung pada obyek wisata ini. Dengan meningkatnya aktivitas ekonomi dan jumlah pengunjung  ini berdampak terhadap makin tingginya realisasi penerimaan retribusi dari kolam renang, jumlah kendaraan, dan jumlah pedagang yang berjualan di Objek Wisata Rohani Gua Maria Anjungan Tahun 2016 cukup besar yaitu berjumlah RP 63.030.000,- dan jumlah realisasi retribusi Kabupaten Mempawah pada Tahun 2016 berjumlah 19.334.650.000-, Ini berarti retribusi obyek wisata Goa Maria Anjungan memberi kontribusi terhadap PAD Kabupaten Mempawah sebesar 3,274% setiap tahunnya.

 

Kata kunci: Aktivitas ekonomi, Kontribusi, Objek Wisata Rohani


Refbacks

  • There are currently no refbacks.