ANALISIS SISTEM BAGI HASIL PEMELIHARAAN SAPI DI KECAMATAN PONTIANAK UTARA DI TINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Nur Hayati B1011131050

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem bagi hasil dalam usaha pemeliharaan sapi dan sistem bagi hasil yang diterapkan masyarakat Jalan Kebangkitan Nasional Kecamatan Pontianak Utara sesuai dengan konsep bagi hasil dalam perekonomian Islam.Data yang digunakan dalam ini adalah data primer dan skunder yang dihimpun dari jumlah penduduk Jalan Kebangkitan Nasional yang melakukan sistem bagi hasil pemeliharaan sapi.
Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan dengan pendekatan kualitatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah metode purposive sampling. Purposive sampling adalah suatu cara menentukan suatu subjek ataupun objek sesuai dengan tujuan yang akan diteliti, teknik ini biasanya digunakan dalam penelitian yang mempunyai tujuan yang akan dituju yang ditinjau dengan suatu pemikiran serta pertimbangan pribadi, sehingga sesuai dengan tujuan topik yang akan diteliti dalam suatu penelitian.
Hasil dari penelitian ini adalah: sistem perjanjian bagi hasil dalam usaha pemeliharaan sapi di Jalan Kebangkitan Nasional terjadi karna dua hal yaitu sistem bagi hasil yang di lakukan secara tertulis dan sistem bagi hasil yang dilakukan dengan cara tidak tertulis. Dan sistem bagi hasil yang diterapkan masyarakat jalan kebangkitan nasional terjadi karena dua factor yaitu, apabila sapi jantan yang dipelihara maka, maka sistem bagi hasil dengan menentukan besar persentase yang diterima kedua belah pihak. Sedangkan jika sapi betina keuntungannya dengan membagi anak sapi, dan pelaksanaan kerjasama pemelihara ternak sapi tersebut syah, karena rukun dan syarat ketentuannya sudah terpenuhi,seperti adanya pemilik modal dan pelaksana modal, modal yang diketahui bersama, usaha yang jelas dan halal karena adanya kesepakatan dalam menentukan persentase hasilnya, akan tetapi ada sebagian kerjasama pemeliharaan sapi tersebut mempunyai kelemahan dari segi hukum, karena dalam perjanjiannya tidak tertulis yang memungkinkan terjadi kecurangan dari salah satu pihak.
Kata Kunci: Sistem bagi hasil pemeliharaan sapi, Perspektif Islam


Refbacks

  • There are currently no refbacks.